[Bayi & Balita]
Warta Al Irsyad Jember
Normalkah anak umur 1 thn belum tumbuh gigi
08:16 15/09/2020
Halo k, trmksih sdh bertanya di Dietducate:
Msih dikatakan Normal K > Gigi Pertama Bayi Tumbuh di Usia Sekitar 6 bulan–1 tahun
Pertumbuhan gigi pertama pada tiap bayi sangat bervariasi. Beberapa bayi mungkin belum tumbuh gigi sampai ulang tahun pertama mereka! Sekitar usia 3 bulan, bayi akan mulai mengeksplorasi mulut mereka dan mulai memasukkan tangannya ke dalam mulut.
Produksi air liur di dalam mulut mereka juga akan meningkat. Banyak orangtua mengira ini adalah tanda tumbuh gigi, tetapi gigi pertama biasanya baru muncul sekitar usia 6 bulan. Biasanya, gigi pertama yang muncul hampir selalu adalah gigi depan bawah (gigi seri tengah bawah). Sebagian besar anak biasanya akan memiliki semua gigi bayinya pada usia 3 tahun.
_Kenali Tanda-Tanda Bayi Tumbuh Gigi:
Banyak orangtua tidak tahu kapan bayi mereka tumbuh gigi. Bayi yang sedang tumbuh gigi mungkin menunjukkan tanda-tanda, seperti ketidaknyamanan di daerah gigi tumbuh, gusi di sekitar gigi yang tumbuh mungkin bengkak dan lunak, dan bayi bisa mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya.
Untuk meredakan ketidaknyamanan yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi, orangtua dapat memijat gusi bayi dengan jari-jari yang bersih dengan lembut, atau dengan menggunakan kain lap bersih yang sudah dibasahi oleh air dingin.
#Trmksih Semoga Membantu & Keluarga dalam keadaan Sehat selalu 😇🙏❤
09:03 15/09/2020
Monica Theresia Sibarani, S.Tr. Gz ahligizi
Selamat pagi kak, terimakasih telah bertanya di Dietducate.
Proses pertumbuhan gigi pada dasarnya telah terjadi sejak dalam kandungan namun muncul atau tampaknya gigi biasanya mulai terjadi sejak usia 4 atau 6bulan. Apabila usia 1 tahun pertumbuhan gigi belum tampak jelas tidak perlu terlalu khawatir namun ada baiknya lakukan konsultasi dgn dokter gigi, dokter spesialis anak atau dokter spesialis gigi dan mulut untuk mendapatkan informasi detailnya. Asupan zat gizi kalsium dan vitamin D juga memengaruhi proses pertumbuhan gigi sehingga diharapkan asupan anak dapat tercukupi, contoh sumber makanannya yaitu susu, keju, ikan laut, sayuran hijau, sumber kacang kacangan, kuning telur, tahu tempe, dll.
Terimakasih
09:08 15/09/2020