[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya ingin bertanya bagaimana cara mengatur pola makan dan makanan jenis apa yg bisa saya konsumsi untuk menurunkan berat badan saya. Sekarang bb saya 68 kg, tb saya 152 cm. Setiap hari saya jalan santai 45 menit dan saya masih mahasiswa semester akhir yang sedang berkutat dengan tugas akhir, sulit sekali untuk saya menurunkan berat badan, kira - kira bagaimana solusinya dan diet apa yang harus saya jalani ? Terimakasih
12:15 15/09/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
halo, terima kasih sudah menggunakan platform ini untuk berkonsultasi. sebelumnya apakah Anda pernah mencoba intermitten fasting? jika belum, ada baiknya hal ini untuk dicoba. metode ini dapat membantu Anda dalam mengatur pola makan dengan membiasakan untuk disiplin stop makan pada jam tertentu sehingga mencegah overeating dan membantu program diet anda berjalan lebih baik. Anda dapat mengatur waktu makan anda secara mandiri, misalnya dengan berpuasa selama 14 jam dapat dilakukan dengan start makan jam 9 pagi, stop makan di jam 6 sore. selama pukul 9-6 sore anda tetap dapat membagi waktu makan anda menjadi 3 waktu makan utama dan 2 waktu selingan. kemudian setelah jam 6 sore anda tetap dapat mengonsumsi air putih ataupun minuman tanpa pemanis. ini hanya contoh, anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan anda. perhatikan asupan kalori anda tiap harinya. usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan sumber serat seperti sayur dan buah pada waktu makan utama atau pun agar2 pada waktu makan selingan. konsumsi makanan sumber serat dapat membantu anda dalam mengendalikan rasa lapar dan membantu perut merasa kenyang lebih lama. usahakan pula untuk tidak mengonsumsi makanan sembari melakukan hal lain seperti menonton tv/bermain hp untuk mencegah overeating. semoga membantu :)
13:09 15/09/2020