[Lainnya......]
anonim
Apa yang terjadi pada mineral ketika kita konsumsi? Misalnya saat kita memakan sayuran/buah yg sumber mineral, ketika dikunyah apa yg terjadi dan bagaiman mereka bisa diserap oleh tubuh?
19:30 17/09/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo, Trmksih sudah konsultasi di dietducate: Zat makanan dapat digolongkan secara umum menjadi makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah zat makanan yang mengandung tinggi kalori dan berfungsi memenuhi kebutuhan kalori harian. Yang tergolong dalam makronutrien adalah karbohidrat, protein dan lemak. Mikronutrien adalah zat makanan yang mengandung unsur renik yang berguna untuk menunjang aktivitas metabolik sel-sel tubuh; yang termasuk dalam mikronutrien ialah vitamin dan mineral. Tidak seperti makronutrien yang memerlukan pencernaan (mis. melalui proses mengunyah, tercampur enzim, teraduk, lalu diserap, diolah di hati dan didistribusikan ke seluruh tubuh), mikronutrien pada umumnya akan langsung diserap oleh usus. Pemecahan oleh enzim dari unsur utamanya mungkin diperlukan sebelumnya (mis. buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral tentu terlebih dahulu perlu diproses secara umum sebelum akhirnya sari-sarinya bisa diserap usus). Proses penyerapan usus ini nantinya bisa berupa transpor pasif dan transpor aktif; Berikut link referensi sebagai pelengkap: https://id.scribd.com/document/367105795 https://id.scribd.com/document/258131100 #Trmksih/Semoga Membantu 🙏😇
09:14 18/09/2020