[Masalah Berat Badan]
Putri Dwi Pramesti
Selamat pagi dok, saya mau bertanya.. saya punya TB 148 cm dan BB 64 Kg, dan sudah disuruh untuk diet karena selalu dibilang gendut. Bagaimana cara menurunkan berat badan yang baik dan sehat serat pola makannya bagaimana? dan Konsumsi nasinya apa harus diganti nasi merah atau nasi putih tidak apa-apa? serta untuk minum air putih takarannya untuk TB dan BB segitu berapa liter ya dok? terima kasih
06:15 18/09/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Halo, terimakasih sudah berkonsultasi di Diet ducate. Indeks Massa Tubuh anda 29,2 kg/m2 termasuk status gizi obesitas tingkat I. Untuk menghitung jumlah kecukupan air untuk BB 64 kg dan TB 148 cm diperlukan usia juga. Berapa kah usia anda? Bila ingin melakukan diet / pengaturan pola makan untuk menurunkan berat badan, kami perlu mengetahui beberapa data Anda :
1. Bagaimana aktivitas sehari-hari anda? (pekerja kantor/lapangan, banyak duduk)
2. Apa olahraga yang sering dilakukan? Frekuensi nya berapa kali per bulan?
3. Apakah ada alergi makanan? Apakah timbul rasa sesak/diare/kembung setelah mengonsumsi makanan tertentu?
4. Tolong cerita-kan kebiasaan makan Anda dan porsinya (+- 24 jam, dari bangun tidur hingga tidur lagi)
Contoh :
PAGI makan nasi 1 centong dengan 1 telur dadar, 1pepes tahu, 5sdm bobor bayam, 1sdm sambal yg banyak minyaknya, dan 2 buah kerupuk
JAM 10 makan pisang 1 buah.
SIANG makan nasi kuning 2 centong, 3sdm tempe orek, 1 ptg paha pentung ayam bakar, 3sdm tumis buncis, dll.
Makanan/minuman lain yg SERING dikonsumsi : es teh manis 3x sehari.
Silakan dijawab agar saran yang diberikan sesuai dengan kondisi anda. Terima kasih
15:27 13/12/2020