[Lainnya......]
anonim
Selamat pagi, untuk orang yg sedang cuci darah dan Hb LG rendah, nutrisi / gizi yg disarankan apa ya? Terima kasih
09:07 18/09/2020
Ayu Rahadiyanti, S.Gz, MPH ahligizi
terima kasih atas pertanyaannya. Diet bagi pasien hemodialisis /cuci darah perlu memperbanyak asupan protein baik hewani maupun nabati yaitu sebanyak 1,0-1,2 gram/kg berat badan. selain itu jg perlu asam folat dari sumber sayuran hijau utk membantu pembentukan sel darah merah. perlu pembatasan asupan natrium, kalium, dan fosfor. asupan cairan sesuai output dari air seni + 750 ml. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada artikel berikut https://ahligizi.id/blog/2020/09/03/diet-hemodialisis-cuci-darah/
semoga sehat selalu. terima kasih
19:14 19/09/2020