[Masalah Berat Badan]
risma silviani putri
Assalamu'alaikum.. Selamat pagi kak indah. Perkenalkan saya silvi kak. Saya mau nanya kak.. Ini kan saya lagi program diet. BB saya saat ini 82 kg tinggi badan 164 . Target saya ingin 55 kg. Setiap hari saya olahraga walaupun lari hanya 3 putaran dan lebih nya jalan entah brp putaran. Kemudian sorenya biasa nya saya goes. Tp yg jadi masalah saya merasa blm bisa kontrol makanan dan masih makan gorengan. Tp kadang bisa brp hari ga makan tp kadang nanti makan lagi apalagi kalau lagi ada acara.. Hehee.. Itu gmn ya kak solusi nya untuk pengaturan pola makannya? Terima kasih
10:36 19/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Risma, terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Sudah bagus ya kak, mau berolahraga, namun usahakan makan disliplin ya kak sesuai jadwal 3x makan utama 3 x snack agar metabolisme berjalan dengan baik dan efisien. Usahakan mengontrol makanan dan olahraga dengan terprogram ya biar kita tau gmn hasilnya, kalau makan dr luar, banyak yg tidak terkontrol, jadi akhirnya sulit untuk tau progressnya. Bila terprogram,dlm 1 bulan bisa turun 1-2 kg, pada bulan 1. Basal metabolisme kakak (energi untuk organ bekerja) untuk TB 164 cm BB 82 kg usia 30an sebesar 1600 kal, dan energi total untuk aktivitas sering duduk sekitar 1900 kalori, karena ingin menurunkan BB, saya kurangi 300 kal, atau dalam sehari boleh konsumsi sekitar 1600 kal agar BB turun. Program bulan pertama, ukur dulu lingkar perut, dan Berat badan (pagi hr) catat dan evaluasi lagi tgl 19/10/2020, ada penurunan atau tidak, Berikut contoh menu 1600 kalori magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr centong magic com yg cekung sekitar 70 gr (5 sendok makan) Makan Pagi 06.00 - 07.00 nasi merah 1,5 centong magic com cekung atau 100gr, sop dada ayam 1 mangkok (komposisi : wortel, brokoli, dada ayam 100gr atau 1 potong besar, tahu 1 buah) -> 500 kal air putih 1 gelas sebelum olahraga jogging 09.00 tahapan (pemanasan 5 menit -joging-pendinginan), , minum air putih 1gelas setelah olga. Naikkan durasi selama perminggu, misal minggu 1 3 lap, minggu ke 2 4 lap, dst, frekuensi 4-5x seminggu recovery setelah olahraga Selingan pagi 09.00 : susu skim atau lowfat high calcium 1 gelas = 140 kal Makan siang 12.00-13.00: Nasi merah 1 centong magic com cekung atau 70gr, scramble egg 1 buah minyak sedikit saja 1sdt untuk orak arik, tumis kacang panjang+tauge kedelai+ tahu ukuran porsi ambil 2 sendok sayur, buah jeruk 1 buah ->500 kal jam snack buah pepaya 1 potong = 100 kal 17.00-18.00 makan malam : Beras merah 1 centong ukuran cekung 70gr, pepes ikan+tahu, sayur bayam+oyong+wortel) porsi 1 mangkok ampas ambil 3 sendok sayur, buah pepaya 1 potong -> 400 kalori Stop makan 17-sarapan jam 6 pagi atau 13 jam, masih boleh minum air putih Penjelasan : Penjelasan : 1. Makan teratur 3x makan utama, 2x snack 2. Sumber karbo beras merah atau jagung mengandung serat lebih tinggi efeknya kenyang lebih lama, atau bila tidak sempat, bisa nasi putih. 3. Sayuran mix 2-3 macam : kaya antioksidan, vitamin mineral, memperbaiki sel2 4. susu sumber kalsium, pilih yg skim atau low fat untuk kesehatan tulang dan memperbaiki hormon 5. air putih 8 gelas sehari 6. Makan maksimal 3 jam sebelum tidur, selanjutnya stop makan sampai sarapan jam 7 atau selama 13 jam, masih boleh minum no makan, 7. kalori makan malam dianjurkan lebih sedikit drpada makan pagi dan siang (karena aktivitas banyak di pagi dan siang). 8. Maksimal makanan digoreng sehari 1-2 jenis bahan makanan saja co : pagi : tidak ada yg digoreng, siang : scrambel egg dan tumisan, malam : tidak ada yg digoreng. Hindari makanan tinggi lemak : nasi goreng, santan kental, 9. Hindari makanan yg terlalu manis : cake dgn cream manis, minuman manis kemasan, softdrink, es campur, es cendol yg tinggi gula. 10. Menu makanan rumahan home made lebih terkontrol kalorinya daripada jajan diluar. 11. pilih menu makanan yg asupan vitamin E seperti toge, alpukat, brokoli, 12. misal jajan diluar/ada acara pilih yg low calori, contoh makan malem, daripada mie ayam komplit, bisa ganti bakso tanpa gajih/tetelan, atau dripada nasi goreng bs diganti capcay. tetep sesuikan berdasarkan pembagian kalori hariannya. Apakah ada pertanyaan?
12:45 19/09/2020
risma silviani putri
Terima kasih banyak kak.. Oh iya boleh tidak kak selama diet itu, kita memberikan satu hari untuk tubuh kita konsumsi makanan bebas. Misal dalam satu pekan, di hari ahad kita makan makanan yg sekiranya jarang kita makan tp tentunga dalam porsi yg tidak banyak. Terima kasih Selain jogging, apakah jalan santai juga bisa mengurangi BB?
10:43 27/09/2020
agar berat badan turun diperlukan latihan cardio kak atau HIIT, high intensity interval training. jogging termasuk kardio, sedangkan jalan termasuk aktivitas fisik. Boleh kak, namun porsinya dibatasi dan waktu diperhatikan. contoh nasi goreng yg dijual biasanya porsi nya banyak bgt, bs 2/3 atau 1/2 stgh porsi+sayur lalapan dan buah 1 potong. semoga membantu 🙂
11:27 27/09/2020
risma silviani putri
Terima kasih banyak kak tyas. Insya allah sangat membantu. Jazakumullah khairan kak
16:42 27/09/2020
baik kak sama-sama aamiinn 😊
17:09 27/09/2020