[Masalah Berat Badan]
Lisna Setiawati
Hallo dok, saya kan sedang menjalankan diet BB saya 64 TB 155 mulai diet saya pada tanggal 17 septermber 2020 Pagi sarapan buah pir + 1 gelas air putih Olahraganya jalan 45 menit Siang jam 12 makan 5 sendok nasi sama ayam di bakar cuma pake kecap doang di tambah (cabe, bawang merah+putih) tanpa minyak sorenya jam 5 makan pisang, malamnya minum air putih, tidur jam 9. yg sedang di hindari sekarang tepung, gula, minyak, santan apa saya bisa turun berat badan dok? Target saya pengen 45/50kg
11:24 19/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
terimakasih sudah bertanya di Dietducate. TB 155 cm BB 64 kg kebutuhan tubuh untuk organ bekerja (basal metabolisme) usia 30an sekitar 1400 kal. Setelah sya hitung, asupan makan sehari tidak ada 1400 kalori kak, hanya sekitar 400-500 kalori atau 30% mencukupi kebutuhan tubuh, akibatnya metabolisme terlalu rendah/lambat, BB awal bisa turun, tapi saat kakak makan seperti biasa (sebelum diet), BB akan naik lagi bahkan lebih banyak dr yg sebelumnya atau dikenal dengan istilah yoyo sindrom. Oleh karena itu saya tetap menyarankan untuk makan sesuai kebutuhan kalori/energi tubuh sama seperti basal atau diatas basal metabolisme agar tidak terjadi yoyo sindrom, menghindari mood swing karena kurang gizi makro dan mikro, dan mencegah sakit. Defisit kalori disertai olahraga, BB akan turun 1-2 kg atau bs tidak turun dlm bulan pertama, karena sedang proses adaptasi dan tergantung kekonsistenan kakak. Jadi lakukan terprogram ya, agar mendapatkan hasil yg maksimal. Berikut program diet bulan pertama 1500 kalori dan contoh menunya untuk usia 30 an, aktivitas ibu rumah tangga, olahraga sore hari magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr centong magic com yg cekung sekitar 70 gr Makan Pagi 06.00 - 07.00 nasi merah 1 centong magic com cekung atau 70gr, sop dada ayam 1 mangkok (komposisi : wortel, brokoli, dada ayam 100gr atau 1 potong besar, tahu 1 buah) -> 400 kal Aktivitas rumah tangga (menyapu, ngepel, masak cuci baju) air putih 1 gelas sebelum zumba 09.00 Zumba 20 menit gerakan ringan tahapan (pemanasan 5 menit -zumba-pendinginan), setelah 30menit, minum air putih 1gelas setelah zumba recovery dengan minum susu frekuensi zumba 4-5x seminggu. Selingan pagi 09.00 : susu skim atau lowfat high calcium 1 gelas = 140 kal Makan siang 12.00-13.00: Nasi merah 1 centong magic com cekung atau 70gr, scramble egg 1 buah minyak sedikit saja 1sdt untuk orak arik, tumis kacang panjang+tauge kedelai+ tahu ukuran porsi ambil 2 sendok sayur, buah jeruk 1 buah.->400 kal jam 15.00 snack buah pepaya 1 potong = 100 kal 17.00-18.00 makan malam : Beras merah 1 centong ukuran cekung 70gr, pepes ikan+tahu, sayur asem (kacang panjang, daun so, kacang tanah, labu siam) porsi 1 mangkok ampas ambil 3 sendpk sayur, buah pepaya 1 potong -> 400 kalori Stop makan 17-sarapan jam 6 pagi atau 13 jam, masih boleh minum air putih Penjelasan : 1. konsumsi yogurt 2-3x seminggu, untuk snack selang seling dgn susu untuk kesehatan mikroba usus. 2. Sumber karbo beras merah atau jagung mengandung serat lebih tinggi efeknya kenyang lebih lama. 3. Sayuran mix 2-3 macam : kaya antioksidan, vitamin mineral, memperbaiki sel2 4. susu sumber kalsium, pilih yg skim atau low fat untuk kesehatan tulang dan memperbaiki hormon 5. air putih 8 gelas sehari 6. Makan maksimal 3 jam sebelum tidur, selanjutnya stop makan sampai sarapan jam 7 atau selama 13 jam, masih boleh minum no makan, 7. kalori makan malam dianjurkan lebih sedikit drpada makan pagi dan siang (karena aktivitas banyak di pagi dan siang hari). 8. Maksimal makanan digoreng sehari 1-2 jenis bahan makanan saja co : pagi : tidak ada yg digoreng, siang : scambel dan tumis, malam : tidak ada yg digoreng. Hindari makanan tinggi lemak : nasi goreng, santan kental, 9. Hindari makanan yg terlalu manis : cake dgn cream manis, minuman manis kemasan, softdrink, es campur, es cendol yg tinggi gula, Gula sehari maksimal 4 sdm, 10. Menu makanan rumahan home made lebih terkontrol kalorinya daripada jajan diluar. 11.asupan vitamni E pilih menu tauge, alpukat, brokoli Apakah ada pertanyaan?
12:14 19/09/2020
Lisna Setiawati
Usi saya 20thn. Pantesan waktu saya 7bulan makan sayur terus bb jadi 57 dan bulan sekarang malah jadi 64kg😭 walaupun sudah di atur pola makannya tetep aja engga turun turun. Apakah kalau sedang diet boleh makan pisang 1? Walaupun jam 12 nya makan nasi 5 sendok saja?
12:25 19/09/2020
iya kak, brarti sudah yoyo sindrom, jadi perlu waktu ya, untuk bisa turun bagi yg BB naik turun gitu, targetnya memperbaiki metabolisme tubuh dulu, Ini saya malah khawatir BB naik lagi karna kebiasaan kakak makan 400 kalori, saya kembalikan ke kebutuhan tubuh 1500 kalori. tapi saya harus tetap mengajarkan klien untuk makan sesuai kebutuhan tubuh, agar metabolisme nya baik. Jadi solusinya ditambah olahraganya ya kak, 4-5x seminggu, durasinya di naikkan 10 menit lg per minggu, misal minggu ini 30 menit, minggu ke 2 40 menit, sampai maksimal 1 jam, kita liat bagaimana proggressnya. Diyutub banyak gerakan zumba, pilih gerakan yg ringan ya kak jgn ekstrim. Misal bagian tubuh sudah terasa nyeri sblm 30 menit, harus berhenti untuk menghindari cidera. Boleh kak, seperti contoh, makan siang ada buah jeruk, bs diganti pisang, 1 buah pisang ambon 100 gr, kalorinya 100an.
12:57 19/09/2020
Lisna Setiawati
Baik dokter, terimakasih🙏🏻
13:01 19/09/2020
sama-sama kak :)
13:05 19/09/2020