[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya suka makan dn ngemil, susah nahan lapar juga, tp skg ingin diet, diet apa yg cocok ya?
18:27 20/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Diet yang baik adalah diet yang menerapkan 3 J yaitu makan tepat jam/jadwal, jenis dan jumlah.
1. tepat jam/jadwal = teratur 3x makan utama 06.00, 12.00,18.00, 2x snack di jam 09.00 dan 15.00
2. Tepat jenis , yaitu makan utama mencakup karbo, lauk hewani, nabati sayur dan buah.
3. Tepat jumlah = makan sesuai kebutuhan kalori tubuh.
Bila kakak niat ingin memperbaiki pola makan, ngemil bisa dilakukan di jam snack dengan pemilihan bahan makanan yg tepat dan porsi yg dibatasi, contohnya buah 1 potong, atau roti 1 potong,
Susah menahan lapar karna kakak lebih sering ngemil sehingga lambung tidak penuh, solusinya makan utama dgn komposisi karbo, lauk hewani, nabati sayur, dan buah, porsi sayur = porsi karbo, contoh, nasi 100 gr, sayur juga 100 gr.
Kakak bisa membaca artikel berikut ini untuk mengerti konsep diet yang aman ya https://ahligizi.id/blog/2020/04/24/menurunkan-berat-badan-secara-alami/ .
Semoga membantu :)
19:13 20/09/2020