[Masalah Berat Badan]
arini hidayati
Dok, untuk membuat meal planner yg perlu diperhatikan apa saja dan porsi yg pas seperti apa? Saya mau defisit kalori 1400 dok, mau mengatur meal planner masih agak bingung
07:12 21/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Arini terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Untuk menentukan meal plan banyak aspeknya kak, yang perlu diperhatikan seperti jenis bahan makanan dan porsinya kak, kondisi kesehatan/nilai laboratorium yg bermasalah . Tiap makan utama dianjurkan mengandung karbo, lauk hewani, nabati, sayur dan buah atau dinamakan gizi seimbang. Sayur dianjurkan sebanyak 100 gr atau 3 sendok sayur ukuran ampasnya. Contoh meal plan 1400 kal ( tiap aplikasi atau sumber akan berbeda hasilnya) Makan pagi : Nasi merah 75 gr, sup ayam 1 mangkok (isian ayam dada 1 potong, tahu 1 potong, brokoli, wortel), buah pepaya 1 potong = 400 kal. Prot 25 gr Snack pagi : susu tepung skim 3 sendok makan atau 35 gr = 140 kal, prot 6-8 gr Makan siang : 75 gr nasi merah, scramble egg, tumis kacang panjang dan tauge ditambah teri medan dan tempe 3 sendok sayur, dan 1 buah jeruk = 400 gr, prot 25 gr Snack sore edamamae 30 gr ( ukuran 1-2 genggam dengan kulit) = 60 kal prot 5 gr Makan malam : nasi merah 75 gr, bandeng goreng, sayur asem 1 mangkok (isian kacang panjang, daun melinjo, labu siam, kacang tanah), buah pepaya 1 potong 400 kal prot 12,4 gr Semoga membantu :)
11:31 21/09/2020