[Masalah Berat Badan]
Ika Puspita Anggreini
Hallo dok, mau minta saran nih, makanan apa saja ya yang saya konsumsi saat diet. Usiaku 22 tahun bb 72kg tb 160. Jenis olah raga yang mau aku jalanin jalan santai 60 menit setiap hari
14:48 22/09/2020
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Hallo Kak Ika, terimakasih atas pertanyaannya.
Menurunkan BB dapat dilakukan dengan mengurangi sekitar 300 Kalori/hari dan meningkat hingga 500 Kalori/hari secara bertahap. Pengurangan 300 kalori dapat diperoleh dengan tidak mengonsumsi 1 porsi sumber karbohidrat, 1 porsi protein, dan 1 porsi sayur/buah. Penurunan hingga 500 kalori dapat menurunkan berat badan 0,5 – 1 kg/minggu.
Contoh makan sehari untuk menurunkan berat badan, 100gr jenis karbohidrat seperti nasi putih, nasi jagung, kentang, singkong, dan bubur beras. 50gr jenis protein nabati seperti tahu dan tempe, 50gr jenis protein hewani seperti telur ayam tanpa kuning, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan ikan segar seperti ikan tongkol, ikan kakap, ikan dorang dan ikan dori. Sayuran dan buah yang disarankan diantaranya bayam, genjer, gambas, selada, taoge, sawi, mangga jambu air, anggur, pepaya,belimbing dan jeruk manis.
Semoga Bermanfaat.
16:38 22/09/2020