[Kehamilan]
anonim
Saya penderita pcos. Saya hendak menurunkan berat badan. Memang dulu saya dari remaja saat berat diatas 70kg mens saya bisa 7bulan, 4 bulan atau 3 bulan. Saat kuliah saya bb ideal mens 40 hari sekali. Sampai saya hamil masih normal. Tapi setelah melahirkan saya naik 10kg jadi 84kg. Sekarang saya sudah 15 bulan tidak mens, padahal saya mau promil. Saya saat ini berumur 26th dan penderita asam urat. Menu diet yang menunjang apa ya kak? 😔
09:42 24/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Untuk PCOS, sudahkan terapi medis dengan dokter kandungan? Silahkan konsultasi untuk terapi medisnya ya, dan
untuk diet PCOS, 3x makan utama, 2-3 x snack makan beragam. Sekali makan ada karbo, lauk hewani, nabati sayur dan buah, Contoh makan pagi : ganti nasi dengan nasi merah ya dengan ukuran sekali makan 1,5-2 centong magic com ceper, lauk hewani ikan laut 3x per minggu tidak digoreng (pepes, kuah), tahu/tempe, sayuran dengan porsi 2-3 sendok sayur ampasnya misal sayur asem+kacang tanah, buahnya pepaya 1 potong,
snack pagi dan sore: susu skim 1 gelas selang seling dengan yogurt rendah gula, snack sore bisa edamame rebus atau kacang rebus, kadang sari kacang hijau, gula masih boleh 1-2 sdm saja sehari atau 1 porsi misal gula 1sdm untuk sari kacang hijau/jus alpukat,
Olahraga 4-5x seminggu, bisa zumba, atau senam aerobik, hindari gerakan loncat2 atau gerakan yang memaksakan diri sehingga menimbulkan cidera, konsultasi kembali setelah 1 bln agar saya bisa evaluasi bagaimana perkembangan BB kakak, di kolom chat dibawah ini,
09:08 01/12/2020