[Masalah Berat Badan]
Nugroho Priyo Utomo
Halo dok, kenapa yaBerat badan saya malah menurun bukan bertambah, umur 16 tinggi 160 berat 43 2bulan lalu 46kg kenapa berkurang ya dok?padahal pola makan terjaga dan tidak dikurangi porsinya?kkira kira kenapa ya dok?dan apa solusinya?makasih
18:34 25/05/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Halo Priyo!
Terima kasih sudah bertanya kepada AhligiziID.
Skrg umur kamu 16 tahun ya, berarti masih usia remaja. Usia remaja membutuhkan energi lebih banyak daripada usia lain karena pada usia ini terjadi pertumbuhan yang sangat pesat dan biasanya diikuti aktifitas yang tinggi pula.
Anak Remaja 16-18 tahun Laki-laki membutuhkan 2675 kkal setiap hari. Bila diwujudkan dalam makanan dapat berupa Nasi 8 porsi (satu porsi setara dengan 1 centong datar/magic com), Sayuran 3 porsi (satu porsi setara dengan 1 mangkuk sayur), Buah 4 porsi (satu porsi setara dengan 1 buah jeruk atau 1 potong semangka ukuran sedang), Lauk nabati 3 porsi (satu porsi setara dengan satu potong tempe ukuran sedang), Lauk hewani 3 porsi (satu porsi setara dengan 1 potong daging ukuran sedang atau satu butir telur) dan 2 porsi gula (1 porsi setara dengan 1 sendok makan) dan 6 porsi minyak.
Biasakan makan 3x sehari (sesuai dengan jumlah makanan yang diperlukan di atas) dan tambahkan 2x snack. Bila aktifitas fisik bertambah porsi makan atau frekuensi makan dapat ditambahkan.
Bila 1 bulan sudah mencoba dengan pola makan di atas masih belum dapat meningkatkan berat badan Priyo, coba ikuti saran dari kami untuk peningkatan berat badan dewasa seperti pada artikel di bawah ini:
https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/13/1/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Semoga berhasil.
Salam Sehat. :)
08:40 08/06/2018