[Lainnya......]
Rizqy Mafluhatur Rahma
Selamat siang pak/bu Saya mau bertanya, apakah boleh bahan pangan yg mengandung Fe non hem (bayam,kelor) dikonsumsi bersamaan dengan makanan yg mengandung vit C (jambu biji, jeruk)? Dan apa efeknya thd tubuh selain dapat meningkatkan penyerapan Fe ? Terimakasih
10:05 26/09/2020
Ayu Rahadiyanti, S.Gz, MPH ahligizi
Selamat siang Rizqy.
Sumber Fe non heme sangat disarankan dikonsumsi bersama sumber vit C karena dapat meningkatkan absorbsi/penyerapan zat besi dari bentuk ferri menjadi ferro. namun sebaiknya zat besi tidak dikonsumsi bersama kalsium (susu)/tanin (teh, kopi, coklat) krn dpt menghambat absorbsi zat besi. semoga membantu. terima kasih
21:44 27/09/2020