[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya berusia 21th BB 43kg TB 155cm Menu diet untuk meningkatkan berat badan bagaimana ya?
22:55 26/09/2020
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate. Sebelumnya kakak perlu mengetahui terkait IMT (Indeks Massa Tubuh), yakni suatu ukuran untuk menentukan status gizi seseorang. IMT dirumuskan sebagai berikut : IMT = Berat badan (kg) / Tinggi Badan (m)² Kategori hasil IMT : <17 : Sangat kurus 17 - <18,5 : Kurus 18,5 - 25 : Normal >25 - 27 : Overweight >27 : Obese Menurut keterangan yang kakak berikan, kakak termasuk ke dalam kategori kurus. Kondisi kurus disebabkan oleh asupan pangan yang kurang dari kebutuhan atau adanya aktivitas fisik yang berat dan tidak diimbangi dengan asupan yang sesuai. Dengan tinggi badan 155 cm, maka berat badan ideal kakak adalah 49,5 kg dengan berat minimum 44,5 kg dan maksimum 54.5 kg. Sehingga minimal kakak harus menambah 1,5 kg lagi untuk mencapai batas minimum berat badan ideal kakak. Untuk penambahan berat badan yang dianjurkan adalah 0,5-1 kg/minggu. Hal ini dapat kakak capai dengan menambah kalori sekitar 500 kkal tiap harinya. Prinsip diet untuk meningkatkan berat badan adalah kalori tinggi namun padat gizi, yakni protein tinggi, lemak cukup dan karbohidrat cukup. Pilih protein yang rendah lemak seperti daging, ikan, ayam, telur, susu, tahu, tempe, kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, kacang tolo. Pilih lemak yang sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak jagung. Utamakan karbohidrat kompleks yang banyak mengandung serat seperti beras, ubi, jagung, singkong, talas. Konsumsi sayur dan buah yang cukup. Hindari makanan yang tinggi kalori namun rendah gizi seperti kue-kue manis, gorengan, makanan bertepung, makanan bersantan, jeroan. Jangan lupa olahraga ringan seperti peregangan dan istirahat yang cukup. Semoga membantu ya kak, sehat selalu :)
15:49 15/03/2021