[Masalah Berat Badan]
ana indah cahyani
Bagaimana cara menurunkan berat badan di tengah kesibukan kerja dan makan yang tidak teratur?
14:51 28/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Ana terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Hanya persoalan prioritas kak, dimana kesehatan adalah investasi jangka panjang, tidak semestinya mengorbankan kesehatan untuk hal lainnya dan kesibukan kerja.
Mengatur makan dengan cara :
1. disiplin 3x makan utama 06.00, 12.00 dan 18.00 dan 2-3x selingan jam 09.00, 13.00 dan 20.00
2. tepat jumlah/porsinya sesuai (ini membutuhkan data BB, TB, umur, aktivitas dalam sehari),
3. seimbang yaitu setiap makan utama terdiri dari karbo nasi putih, bisa juga beras merah, singkong, jagung, ubi, lauk hewani, lauk nabati, sayur 1 mangkok/1 porsi dan buah 1 potong,
4. beraneka ragam,
5. minim pengolahan dengan minyak goreng, gula, garam : gorengan, jajan kiloan, kerupuk, cake
6. Olahraga yang disukai yang penting bisa konsisten dahulu untuk melakukan olahraga 10-20 menit, pulang kerja, sit up, squat, lunges juga termsuk olahraga.
Berikut contoh menu
Pagi : Nasi, scrambel egg, tempe bacem, pecel 1 porsi, buah pisang
Selingan pagi : sari kacang hijau
Makan siang: Nasi, sop tahu, ikan bumbu balado, buah pepaya
Snack sore : susu skim*bila tidak ada alergi susu
Makan malam : Nasi, pepes ikan kakap, loaf tahu kukus+ayam, sayur bayam+oyong+wortel dan buah mangga.
Snack malam : buah alpukat 1/2 - 1 buah kecil
Semoga membantu 😊
10:39 04/11/2020