[Lainnya......]
Hasanah San
Saya Hasanah ingin bertanya kepada ahli gizi. Apakah untuk emulsilfer baik dikonsumsi untuk campuran minuman seperti dalgona dan ice crem mohon konfirmasinya. terima kasih
14:12 29/09/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo Kak Hasanah.... terimakasih sdh brtanya di Dietducate: _ Secara umum bahan pengemulsi dibagi menjadi dua yaitu emulsifier alami dan emulsifier buatan (sintetis). Pengemulsi alami biasanya terbuat dari bahan-bahan alam, seperti biji kedelai, kuning telur, dll. Di dalam biji kedelai misalnya, terdapat minyak yang cukup tinggi disamping air. Keduanya dihubungkan oleh letichin yang juga terdapat pada biji-bijian dan produk hewani seperti telur dan otak. _Nah, jika letichin ini berasal dari biji kedelai maka dari segi kehalalan akan lebih aman. Namun, tidak menutup kemungkinan lecithin diekstrak dari bahan lain seperti otak dan telur binatang sehingga kehalalannya harus diwaspadai. _Sedangkan bahan pengemulsi buatan atau sintetis berasal dari rekayasa manusia yaitu lemak yang direkayasa. Untuk sumber lemaknya bisa bermacam-macam ada yang berasal dari minyak bumi (sintetis), lemak nabati, dan lemak hewani. Sumber lemak hewan inilah yang harus diwaspadai termasuk proses pemotongannya. _Oleh karena itu ketika mengkonsumsi produk-produk emulsi, seperti cokelat, margarin, susu bubuk instan, es krim, dsb jangan lupa melihat bahan pengemulsi yang dipakai. Keterangan tersebut biasanya biasanya dapat dilihat pada ingredien bahan pada kemasan produk emulsi atau yang halal sudah tercantum logo halal LPPOM MUI. Semoga membantu 🙂
07:35 27/12/2020