[Masalah Berat Badan]
Masruroh Insani Rahim
Dok saya mau menurunkan berat badan,tinggi saya 162 cm dan BB skrg 71.4 kg, saya harus bagaimana dok,brp kalori harian saya ya dok?
08:34 01/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
selamat pagi. terima kasih untuk pertanyaannya. jika saya estimasi kebutuhan kalori ka masruroh berada pada 1640-2455 kkal/hari. 1640 kkal merupakan BMR yaitu jumlah kalori minimal yang perlu dipenuhi dalam keadaan istirahat (tidak melakukan apa-apa) sedangkan 2455 kkal merupakan jumlah kalori maksimal untuk mempertahankan berat badan pada aktivitas ringan. mengurangi 500-1000 kkal/hari dari kebutuhan energi per hari dapat membantu menurunkan berat badan 0.5-1 kg/minggu. usahakan untuk tidak mengonsumsi total asupan kalori do bawah angka BMR agar fungsi vital dan metabolisme tubuh termasuk pencernaan tetap dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. semoga membantu :)
08:20 02/10/2020
Masruroh Insani Rahim
Berarti klo saya makan sekitar 1000 kalori perhari gpp ya
12:07 02/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
sebaiknya minimal di angka BMR kak, agar fungsi metabolisme tubuh tetap dapat berjalan maksimal. karena untuk emmbakar kalori pun butuh kalori. kemudian alangkah lebih baik jika dapat disertai dengan melakukan olahraga. umumnya tidak disarankan untuk mengonsumsi kalori perhari jauh di bawah BMR untuk jangka panjang. semoga membantu :)
12:11 02/10/2020
Masruroh Insani Rahim
Alhamdulillah saya tiap pagi sudah jalan kaki 6000 langkah
13:37 02/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
hal tersebut sudah baik. tinggal kombinasikan dengan defisit kalori :)
13:41 02/10/2020
Masruroh Insani Rahim
Siap...tunggu penurunan BB ku kak, terimakasih
13:42 02/10/2020
Masruroh Insani Rahim
Makan nasi boleh gak kak?brp gram sebaiknya utk sekali makan dg BB ku 71.4
13:43 02/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
tentu boleh. untuk berapa gramnya perlu diperhitungkan dengan lauk yang lain agar kalori persekali makan tidak berlebih. saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung asupan kalori perhari. sumber karbohidrat kompleks seperti kentang/oat dapat membantu anda kenyang lebih lama dibanding karbohidrat sederhana. usahakan untuk mengonsumsi makanan sumber serat, selain rendah kalori, makanan sumber serat seperti sayur, buah, dan agar2 dapat membantu mengontrol rasa lapar.
13:47 02/10/2020
Masruroh Insani Rahim
Siap kak, terimakasih
14:35 02/10/2020
Masruroh Insani Rahim
Kalo untuk sekali makan berarti saya kurang lebih makan 500 kalori ya
17:51 02/10/2020