[Masalah Berat Badan]
revi nurrokhmi
Halo Ahli gizi Saya bermasalah dengan berat badan, apabila saya 7 hari berturut" makan nasi bisa naik 1 kg Namun untuk menurunkannya saya harus ekstra berhenti nasi s.d. 10 hari Mohon bimbingannya untuk menuerunkan berat badan
07:04 02/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
selamat pagi. Pada prinsipnya untuk menjalani program penurunan berat badan adalah sadar kalori. sebelumnya, boleh saya tau bagaimana kebiasaan menu serta porsi makan ka revi sehingga bisa menyebabkan naik 1 kg?
08:06 02/10/2020
revi nurrokhmi
Waktu : makan 2x (siang pk 13.00 dan malam 19.00) Porsi : 1-2 centong nasi + sayur & lauk setelah saya menyadari pertambahan bb saya yang begitu cepat saya seling men treatment diri saya untuk 2 hari sekali makan nasi, dengan ukuran nasi maksimal 10 sendok Namun apabila nafsu makan saya naik, saya sering lepas kontrol untuk mengatur porsi nasi Saya termasuk orang yang jarang berkeringat dan mobilitas saya rendah (banyak duduk dikantor) Efek langsung yg dapat saya rasakan apabila BB saya bertambah adalah mudah lelah dan mudah berkeringat yg kadang bisa mengakibatkan bau badan ini tidak terjadi ketika saya benar" mengontrol makanan yang saya masukkan kedalam tubuh saya Riwayat diet yang pernah saya lakukan adalah tidak makan karbo dari nasi dan tepung" serta membatasi gula, saya lakukan selama 1 bulan. Saya hanya makan lemak dan protein. Saya mengalami penurunan berat badan (2kg/1bln), badan lebih segar dan kulit menjadi sangat lembab. Namun, setelah saya kembali mengkonsumsi nasi setiap hari, kenaikan bb saya cenderung lebih cepat dibanding seblum melakukan diet Apakah diet yang saya lakukan salah?
21:43 05/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
baik, selanjutnya apakah Anda hanya mengonsumsi makanan pada 2 waktu makan itu saja? atau tetap mengonsumsi selingan? pada prinsipnya asupan kalori berlebih yang tidak disertai dengan aktivitas pembakaran kalori yang sebanding/lebih tinggi dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. perlu diperhatikan porsi serta jenis makanan yang dikonsumsi. jika dilihat sebenarnya tidak ada masalah dengan mengonsumsi nasi putih sesuai porsi yang sebelumnya Anda sebutkan, selanjutnha bagaimana dengan jenis lauknya? lalu ketika nafsu makan meningkat, asupan nasi tidak dapat terkontrol. Alangkah lebih baik jika Anda dapat memilih untuk mengonsumsi makanan sumber serat. selain lebih rendah kalori, makanan sumber serat juga dapat mengontrol rasa lapar dan membuat Anda kenyang lebih lama.
14:25 06/10/2020
revi nurrokhmi
Makanan selingan saya tidak menentu, namun frekuensi makan selingan di lain jam makan sangat sedikit. Apabila saya memakan lauk dr protein nabati (tempe tahu) saya cenderung lebih banyak porsi dibanding hewani (daging dan ikan), lama kenyang dan cepat lapar jika konsumsi protein nabati. Bagaimana cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh melalui pengaturan asupan makan?
15:18 06/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
umumnya dengan meningkatkan asupan sumber protein dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. namun hal ini mungkin sulit terjadi jika tidak diiringi dengan latihan/olahraga seperti strength/resistance training yang akan membantu membentuk otot sehingga meningkatkan metabolisme tubuh. utamakan sumber protein dengan rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, atau sumber protein yang minim penggunaan minyak. selain itu, usahakan untuk mencukupi asupan cairan per hari serta tidur cukup 7-8 jam per hari. kemudian, usahakan untuk tidak mengasup total kalori per hari di bawah nilai BMR. karena nilai BMR merupakan kalori minimal yang dibutuhkan dalam keadaan istirahat sehingga metabolisme tubuh berjalan maksimal. selalu ingat bahwa untuk membakar kalori butuh kalori. semoga membantu :)
16:26 06/10/2020