[Diet Asam Urat]
RetNo Wahyuningsih
sakit nyeri
09:42 02/10/2020
Halo Kak Retno Trmksih sdh konsultasi di Dietducate:
_Diet rendah purin adalah untuk mencapai dan mempertahankan status gizi optimal serta menurunkan kadar asam urat dalam darah dan urin. Penderita asam urat disarankan banyak minum air putih dan cairan jus buah karena air membantu mengeluarkan asam urat melalui urin. Makanan yang baik dan sehat untuk penderita asam urat adalah yang kadar purinnya rendah tapi harus memenuhi cukup energi, protein, mineral dan vitamin. Bahan makanan yang dianjurkan antara lain nasi, bubur, bihun, roti, gandum, makaroni, pasta, jagung, kentang, ubi, talas, havermout, sumber protein hewai yang dianjurkan, telur, susu skim/susu rendah lemak, sayuran yang diperbolehkan wortel, labu siam, terong, pare, oyong, ketimun, labu air, selada air, tomat, dan lobak, sedangkan untuk buah semua macam buah diperbolehkan untuk dikonsumsi.
_Bahan makanan yang dibatasi antara lain daging sapi, daging ayam, ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng, kerang, udang dibatasi maksimum 50 gram/hari. Sumber protein nabati yang dibatasi diantaranya tempe, tahu maksimum 50gram/hari dan kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kedelai) paling banyak 25gram/hari. Sayuran yang dibatasi yaitu bayam, buncis, daun/biji melinjo, kapri, kacang polong, kembang kol, asparagus, kangkung dan jamur maksimum 100gr/hari. Teh kental atau kopi sebaiknya dihindari. Dalam percobaan yang dilakukan oleh ahli gizi dari Kanada, diet purin selama 16 minggu kepada pasien yang menderita asam urat dapat menurunkan berat badan sebanyak 5,4kg dan dapat menurunkan kadar asam urat serta mengurangi gejala serangan asam urat yang tiba-tiba muncul dengan mengkonsumsi makanan yang telah dianjurkan : yaitu bayam, buncis, daun/biji melinjo, kapri, kacang polong, kembang kol, asparagus, kangkung dan jamur maksimum 100gr/hari. Teh kental atau kopi sebaiknya dihindari. Dalam percobaan yang dilakukan oleh ahli gizi dari Kanada, diet purin selama 16 minggu kepada pasien yang menderita asam urat dapat menurunkan berat badan sebanyak 5,4kg dan dapat menurunkan kadar asam urat serta mengurangi gejala serangan asam urat yang tiba-tiba muncul dengan mengkonsumsi makanan yang telah dianjurkan.
Terimakasih/Semoga membantu 🙏🙂
05:59 20/11/2020