[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Kang Barra
Selamat malam dok. Sy Vita ibu rumah tangga dengan 3 anak (2 diantaranya balit). Umur saya 37 tahun. Bb 57 tb 150. Sy merasa krg nyaman dg BB sy. Perut dan pinggul saya yang nampak berlemak. Kegiatan harian saya selain menjaga anak, melakukan pekerjaan RT secara rutin. Su rutin berjalan kaki minim 30 menit setiap hari. Minum air minimal 2 liter. Untuk buah saya hanya konsumsi jambu kristal, nanas dan semangka. Selain itu tidak pernah karena masalah selera. Mohon dibantu untuk menu diet sehat yang bisa saya jalani dok. Karena saya merada BB saya stagnan. Trimakasih.
22:15 03/10/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Halo Ibu Vita, terima kasih sudah berkonsultasi di Dietducate. Indeks Massa Tubuh Ibu 25,3 Kg/m2 termasuk kelebihan berat badan tingkat ringan (obesitas I). Berat badan ideal anda 51,3 kg, bisa saya bantu jika ingin menurunkan berat badan. Kita samakan persepsi dulu ya.... penunuran berat badan yang AMAN yaitu 0,5-1 kg per minggu, menurun secara perlahan tapi konsisten. Bila BB turun dengan cepat, BB bisa naik lagi dengan cepat. Berbahaya bila BB menurun secara drastis dengan diet yang ekstrim, karena bisa mengganggu proses metabolisme & proses kerja organ tubuh lainnya. Kalau PRINSIP untuk menurunkan berat badan itu : jumlah energi yang keluar SAMA dengan jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, jadi seimbang. Bila asupan banyak tapi kurang aktivitas fisik/olahraga bisa jadi obesitas. Maka olahraga dan aktivitas fisik sangat penting untuk keberhasilan penurunan berat badan (apalagi jika didukung dengan pola makan yang baik). Ibu sudah hebat sekali karena rajin berjalan kaki min.30 menit setiap hari, minum air 2 liter & sering makan buah.......tetap dipertahankan ya bu. Setelah saya hitung, jumlah energi yang ibu butuhkan yaitu 1938 kkal per hari. Apabila ingin dibuatkan anjuran menu berdasarkan kebutuhan gizi untuk program kehamilan, saya perlu data mengenai : 1. Apakah ada alergi makanan? Apakah timbul rasa sesak/diare/kembung setelah mengonsumsi makanan tertentu? 2. Tolong cerita-kan SECARA RINCI, KEBIASAAN MAKAN dan PORSI/JUMLAH NYA DALAM 1 HARI (makanan yang SERING dimakan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, 24 jam) Contoh : PAGI makan nasi 1 centong dengan 1 telur dadar, 1pepes tahu, 5sdm sayur bobor bayam, 1sdm sambal yg banyak minyaknya, dan 2 buah kerupuk JAM 10 makan pisang 1 buah. SIANG makan nasi kuning 2 centong, 3sdm tempe orek, 1 ptg paha pentung ayam bakar, 3sdm tumis buncis, dll. Makanan/minuman lain yg SERING dikonsumsi : es teh manis 3x sehari. Silakan dijawab agar saran yang diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Terima kasih
15:56 28/12/2020