[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Nisrina Eka Anandhiya
Dok saya mau tanya saat saya smp sampai smk kelas 2 tinggi badan saya 154 dan berat badan kisaran 43-45 disitu saya merasa enak enteng untuk melakukan olahraga berat. Sekarang semenjak masuk kuliah bb saya naik jadi 53 kilo dan itu bener bener mengganggu kegiatan saya pertama saya jadi mudah lelah dan ngos ngosan terus perut membucit walau olahraga, saya ingin diet apakah itu baik dok? Kalau diet apa saja yang harus saya makan?
04:34 06/10/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Halo Kak Nisrina, terima kasih sudah berkonsultasi di Dietducate. Indeks Massa Tubuh anda 22,35 Kg/m2 termasuk status gizi normal. Berat badan anda masih baik jika berada di antara 46-54 kg, tapi berat badan ideal anda 51,6 kg. Bisa saya bantu jika ingin menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal ya.... supaya tidak terlalu rendah, tidak terlalu tinggi, jadi pas ideal. Kita samakan persepsi dulu ya.... penunuran berat badan yang AMAN yaitu 0,5-1 kg per minggu, menurun secara perlahan tapi konsisten. Bila BB turun dengan cepat, BB bisa naik lagi dengan cepat. Berbahaya bila BB menurun secara drastis dengan diet yang ekstrim, karena bisa mengganggu proses metabolisme & proses kerja organ tubuh lainnya. Kalau PRINSIP untuk menurunkan berat badan itu : jumlah energi yang keluar SAMA dengan jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, jadi seimbang. Bila asupan banyak tapi kurang aktivitas fisik/olahraga bisa jadi obesitas. Maka olahraga dan aktivitas fisik sangat penting untuk keberhasilan penurunan berat badan (apalagi jika didukung dengan pola makan yang baik). Diet pada dasarnya adalah pengaturan pola makan, sebaiknya kita menerapkan Pedoman Umum Gizi Seimbang, sesuai anjuran Kementerian Kesehatan, selengkapnya ada di link http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-sepuluh-pedoman-gizi-seimbang Untuk porsi makanan sebaiknya mengikuti Isi Piringku, untuk lebih lengkapnya silakan lihat video berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=0vLwWqIwe50 Untuk mengurangi penumpukan lemak di perut. fokuskan olahraga yang menggunakan otot perut lebih banyak (sit up, bicycle crunch, dll) bisa dibaca di https://hellosehat.com/kebugaran/kekuatan/latihan-untuk-membentuk-otot-perut/#gref Lakukan secara perlahan namun pasti, konsisten adalah kuncinya. Semoga berhasil! Bila ada hal lain yang ingin ditanyakan, silakan membalas kembali komentar ini. Semoga dapat membantu :)
16:12 28/12/2020