[Bayi & Balita]
Ika Puspita Sari
Bayi saya baru umur 6bulan, menu mpasi yang baik untuk bayi saya bagaimana ya? Dan apakah diperbolehkan untuk makan bubur instan?
15:52 15/06/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Ika
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Menurut beberapa pedoman terkait gizi & makanan untuk bayi, MPASI yang baik adalah yang bergizi seimbang.
Hal ini berarti MPASI sebaiknya terdiri dari bahan makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.
Kandungan gizi tersebut diperoleh dari bahan makanan pokok, misalnya dari beras atau tepung beras, makanan berprotein, baik protein hewani dan atau nabati, misalnya telur, ikan, daging ayam, tempe, tahu, serta sayur dan buah.
MPASI yang dibuat sendiri dari bahan makanan segar lebih dianjurkan, karena memiliki keunggulan yaitu dapat membuat bayi mengenal tekstur, rasa, dan aroma makanan lebih baik. Hal ini penting karena dapat mendukung proses pengenalan makan pada usia selanjutnya lebih lancar.
Akan tetapi, pada beberapa kondisi, misalnya dalam perjalanan jauh, MPASI kemasan atau pabrikan bisa menjadi pilihan makanan bayi yang lebih aman dan praktis.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
22:36 19/06/2018