[Lainnya......]
anonim
Bagaimana diit untuk pasien dengan diagnosa miom dan kista? Trimakasih
08:39 21/11/2017
Halo sahabat gizi,
pertama kita harus mengetahui perbedaan antara miom dan kista.
Miom atau mioma atau fibroid adalah merupakan tumor jinak yang tumbuh di otot atau jaringan ikat di bagian mana saja pada rahim wanita. Penyebab miom di rahim ini tidak diketahui dengan jelas. Namun, beberapa faktor yang memengaruhi pembentukannya adalah hormon (estrogen dan progesteron) dan kehamilan pada wanita.
Kista merupakan sebuah kantung yang berisi cairan, udara, atau bahan lainnya yang abnormal dan menempel pada organ terdekat. Kista merupakan tumor jinak (bukan kanker), sehingga kista tidak berbahaya. Umumnya, kista tidak menimbulkan gejala apapun. Akibatnya, kista dibiarkan berkembang, menjadi lebih besar, dan dapat menjadi parah.
diet pada kista hendaknya disesuaikan dengan kista yang ada apabila kista berupa kanung berisi cairan, maka jumlah asupan cairan harus dikendalikan agar kista tidak semakin membesar. sedangkan apabila kista berupa udara hendaknya menghindari makanan bergas misalnya kubis, kacang dan ubi serta ketela.
untuk Miom dietnya tergantung dari diagnosis dokter akan faktor penyebabnya
namun kedua diet diubah ketika pasien sudah dilakukan operasi pengangkatan menjadi diet tinggi kalori dan protein untuk membantu proses penyembuhan.
lebih jelasnya bisa datang kepada ahli gizi di rumah sakit terdekat agar diaturkan menu sehari-hari..
semoga bermanfaat :-)
14:05 24/11/2017