[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Selamat pagi dokter, assalamualaikum. Bagaimana menu diet untuk remaja atau anak sekolahan, dok? -terima kasih:)
10:47 10/10/2020
Salma Putri Nariswari, A.Md.Gz ahligizi
Waalaikumsalam
Halo selamat pagi :) izin menjawab
Menu diet untuk remaja atau anak sekolah yang paling tepat adalah menu gizi seimbang
Apa itu gizi seimbang?
Gizi seimbang merupakan susunan makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah sesuai yang didasarkan 4 pilar gizi seimbang yaitu
1. Mengkonsumsi aneka ragam makanan
2. Membiasakan hidup bersih sehat
3. Mempertahankan BB normal dan melakukan aktivitas fisik
4. Menjaga kebersihan
Untuk menentukan menu makanan dapat menggunakan pedoman isi piringku dalam mempraktikan gizi seimbang
1. ½ piring untuk sayur dan buah
2. ⅓ piring untuk makanan pokok/sumber karbohidrat
3. Sisanya untuk lauk pauk hewani dan nabati
Pastikan setiap makanan dalam susunan menunya lengkap terdiri dari sumber karbohidrat, lauk hewani, lauk nabati, buah dan sayur
Semoga bisa membantu :)
10:09 08/06/2021