[Masalah Berat Badan]
Erwan Azhari
Assalamualaikum dok. Permisi perkenalkan saya erwan berumur 25 tahun.
Saya ingin bertanya dok mengenai kondisi tubuh saya sekarang. Saya mengalami kegemukan dimana BMI saya adalah 25,48 dengan berat badan 66 kg dan tinggi badan 160 cm.
Perlu dokter ketahui saya orang yang tidak bisa mengonsumsi buah dan sayuran. Sehingga saya lebih sering banyak makan nasi, ikan dan ayam.
Hal ini berdampak ke pola BAB saya yg terkadang tidak teratur dan sulit BAB dok. Apakah ini karena saya yg tidak bisa makan buah dan sayur tadi sehingga tubuh saya gemuk dan kesulitan BAB dok ?
Saya perlu saran bagaimana atau apa yg bisa saya ganti untuk mengonsumsi serat selain dari buah dan sayuran ?
Penggunaan orlistat apakah dapat membantu saya untuk menurunkan berat badan saya dok ?
21:24 18/06/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Waalaikumsalam, halo Erwan
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Asupan gizi yang penting untuk pencernaan, utamanya BAB, adalah serat dan cairan. Kekurangan asupan serat harian merupakan salah satu penyebab terjadinya sembelit atau BAB tidak teratur.
Serat dan cairan harus dipenuhi dari luar tubuh, yaitu dari makanan atau minuman.
Jika Erwan tidak bisa mengonsumsi buah dan sayur, beberapa tips yang bisa dilakukan:
- Tingkatkan konsumsi kacang-kacangan, yang juga tinggi serat. Misalnya kacang kedelai rebus, kacang hijau kukus, kacang almond panggang, atau kacang edamame rebus.
- Ganti makanan karbohidrat dengan jenis yang tinggi serat, misalnya beras merah, roti gandum, oatmeal dari gandum utuh, atau umbi-umbian.
- Mulai melatih diri untuk konsumsi buah dan sayur, karena keduanya merupakan sumber serat terbaik bagi tubuh. Buat jus sayur dengan tambahan madu, mengonsumsi rujak buah dengan saus kacang, atau mengonsumsi es krim dari buah alami bisa jadi cara membiasakan diri mengonsumsi buah yang baik.
Jangan lupa usahakan untuk menurunkan berat badan hingga status gizi optimal.
Penjelasan terkait penurunan berat badan yang sehat, bisa Erwan baca di tautan artikel di bawah ini :
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/12/terbaru_terpopuler/Diet-Penurunan-Berat-Badan
Untuk penggunaan orlistat dapat dikonsultasikan dengan dokter, agar perlu atau tidaknya, serta resep obat bisa ditentukan dengan tepat.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
09:00 31/08/2018