[Masalah Berat Badan]
Bella Widya
Assalamu'alaikum dok, gmna caranya mengatur pola makan yg baik. Tuk saya dgn tinggi badan 151 berat 63 usia 29thn anak 1 sdh merubah nasi putih ke merah dan jaga makanan yg lbh sehat dlm jangka 1 bulan ini tpi gada hasilnya bahkan malah naik bb nya.. Trimksh sblmnya
09:16 14/10/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Waalaikumsalam, Bu Bella. Terima kasih untuk pertanyaannya. Perlu diketahui kalau penunuran berat badan yang aman yaitu 0,5-1 kg per minggu, jadi beratnya menurun secara perlahan tapi pasti. Prinsip untuk menurunkan berat badan itu energi yang keluar, jumlahnya sama dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Maka bila setelah melakukan pengaturan diet/pola makan, berat badan belum turun juga, mungkin ada yang salah dengan dietnya. Untuk perubahan dari nasi putih dan nasi merah, perlu diperhatikan juga pengurangan porsinya, sebaiknya porsinya dikurangi. Makanan yang digoreng juga dikurangi seperti ayam yg digoreng, tahu/tempe yg digoreng, gorengan dll. Sebaiknya pilih makanan lain yang diolah dengan cara direbus, dikukus, diungkep, ditumis, atau dipanggang. Jangan lupa untuk makan sayur 3-5 porsi (seukuran 3-5 mangkuk kecil) dan buah 2-3 porsi per hari (setara 2-3 buah jeruk/pisang ukuran sedang). Serta lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, karena olahraga dan aktivitas fisik sangat penting untuk keberhasilan penurunan berat badan. Semoga berhasil ya Bu Bella! Bila ada hal lain yang ingin ditanyakan terkait diet untuk menurunkan berat badan, silakan membalas kembali komentar ini. Semoga dapat membantu :)
16:36 17/10/2020