[Masalah Berat Badan]
anonim
Hallo dokter, Saya berumur 18 tahun dengan berat badan 39 kg dengan tinggi 156. Orang2 bilang saya terlalu kurus. Saya sudah makan bnyak dan minum susu tiap malam. Tapi berat badan saya gapernah naik malah turun, saya memiliki riwayat sakit magh. Apa yang harus saya lakukan untuk menambah berat badan saya, dan tolong kasih saya jadwal pola makan untuk menaikan berat badan. Makasih dokter.
19:22 20/06/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Bapak/Ibu/Kakak
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data yang diberikan dan telah dihitung melalui kalkulator gizi/ https://ahligizi.id/ahligizi/kalkulatorgizi , nilai IMT Anda cukup rendah. Artinya status gizi Anda kurus atau berat badan kurang tingkat berat, sehingga Anda sebaiknya melakukan diet peningkatan berat badan.
Untuk peningkatan berat badan, Anda bisa menerapkan diet kalori positif (asupan kalori yang masuk lebih besar dari asupan kalori yang keluar).
Diet tersebut dilakukan dengan memerhatikan frekuensi makan dan jenis pemilihan makanan yang tepat.
Usahakan agar makan lebih sering, misalnya setiap 2-3 jam sekali, boleh berupa makan utama maupun camilan berat. Hal ini juga cukup baik untuk mencegah kambuhnya penykit maag karena lambung tidak terlalu lama kosong.
Pilih jenis makanan yang tinggi kalori dan protein. Pada menu makan utama, pastikan Anda mengonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, roti atau mie dan dilengkapi dengan lauk tinggi protein, misalnya daging merah, daging ayam, ikan, telur, tempe, atau tahu.
Ketika memilih camilan, pilih pula yang padat kalori dan protein, misalnya, bubur kacang hijau dengan susu, roti gandum isi telur, biskuit dengan toping parutan keju, atau minuman jus buah dengan es krim, yoghurt, atau susu rendah lemak.
Penjelasan lebih lanjut terkait diet peningkatan berat badan dengan keseimbangan kalori positif dapat dibaca pada tautan: https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Sedangkan unutk pola makan untuk mencegah maag dapat dibaca di: https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/4/terbaru_terpopuler/Diet-Gastritis-(Maag)
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
03:03 05/09/2018