[Lainnya......]
anonim
Pak, Bu ahli gizi. Saya ingin bertanya. Apa sih arti dari Gluten Free? Apakah kelebihannya? Apakah gluten tidak baik utk kshatan sehingga produk2 tertentu mengecap produknya GLUTEN FREE? Gluten itu trbuat dr apa? Apa manfaat gluten? Terimakasih
19:27 16/10/2020
Halo Bpk/Ibu, Trmksih Sudah Konsultasi di Dietducate:
_Gluten > merupakan salah satu jenis protein yang biasanya terkandung di dalam gandum hasil persilangan (Triticale), gandum biasa, dan jelai atau barley. Jika Anda melihat makanan yang memiliki kemasan bertuliskan gluten-free atau bebas gluten berarti makanan tersebut tidak mengandung protein gluten.
_Untuk Diet Gluten free sendiri diperuntukan penderita
celiac disease yang mau tak mau harus menjalani diet gluten free. Celiac disease sendiri adalah suatu keadaan di mana tubuh tidak bisa mencerna gluten yang terdapat dalam makanan. Karena tidak bisa dicerna itulah, tubuh akan mengeluarkan antibodi yang bisa menyerang lapisan dinding usus halus, sehingga menimbulkan pembengkakan dan kerusakan jaringan usus halus. Kerusakan ini juga ternyata bisa berakibat pada berkurangnya kemampuan usus untuk menyerap zat gizi yang masuk ke dalam tubuh. Penderita celiac disease juga biasanya mengalami diare, anemia, sakit pada tulang, hingga bercak pada tubuh. Oleh karena itulah, penderita celiac disease diwajibkan untuk mengikuti diet gluten free untuk kesehatan tubuhnya.
_& Gluten sendiri adalah salah satu jenis protein yang terdapat di dalam gandum dan jelai. Karena terdapat dalam gandum dan jelai, otomatis gluten juga terdapat pada makanan yang terbuat dari biji-bijian tersebut. Contoh makanan yang umumnya mengandung gluten adalah roti, pasta, kue, dan sereal.
Trmksih/Semoga Membantu 🙏😇
06:21 17/10/2020