[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
Saya mau diet tetapi punya penyakit maaf. Kira2 bagaimana diet yg baik untuk saya?
20:53 18/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Sembuhkan dulu maagnya ya kak, konsultasikan ke dokter untuk mengobati maag bila tidak kunjung sembuh. Cara diet yang tepat untuk maag : 1. makan yang disiplin 3x makan utama 2-3x selingan, jangan biarkan lambung kososng > dari 3 jam 2. tepat jumlah/porsinya sesuai dengan penurunan berat badan 3. seimbang yaitu tiap makan utama ada karbo utamakan karbo yang mudah dicerna, seperti nasi, ubi, kentang, lauk hewani, nabati, sayur dan buah selingan atau snack bisa dipilih edamame rebus, buah-buahan 4. Hindari saat maag akut Sayur yang dihindari : yang bergas dan berserat tinggi : daun singkong, daun pepaya, brokoli, daun kol, kembang kol, nangka, Buah-buahan : buah yang asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, kedondong. Hindari makanan pedas dan kopi 5. minim pengolahan dengan minyak goreng, gula, garam contohnya cake, biskuit, gorengan, mie instan, ayam goreng/kentang goreng/burger dengan saos melimpah, dll . Berikut contoh menu : Pagi : Nasi, scrambel egg, tempe bacem, pecel 1 porsi, buah pisang Selingan pagi : sari kacang hijau Makan siang: Nasi, sop tahu, tumis ikan, buah pepaya Snack sore : susu skim Makan malam : Nasi, pepes ikan kakap, loaf tahu kukus+ayam, sayur bayam+oyong+wortel dan buah mangga. Snack malam : buah alpukat 1/2 - 1 buah kecil Apakah ada pertanyaan sampai disini? Semoga membantu ya😊
10:46 04/11/2020