[Masalah Berat Badan]
Zulfa Mujahidah
Dok, saya usia 21 tahun. Ingin melakukan penurunan berat badan agar ideal. Berat badan saya 65 kg. Tinggi 160. Ingin punya badan yang ideal. Diet apa yang cocok untuk saya?
17:50 19/10/2020
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Terima kasih kak Zulfa Mujahidah atas pertanyaannya. Untuk berat badan dan tinggi badan yang kakak sebutkan, IMT kak Zulfa sebesar 25,4 kg/m2 dengan status gizi gemuk (standart Asia), pre-obesitas (standart WHO), dan kelebihan berat badan ringan (standart Kemenkes). Berat badan idealnya sekitar 55,68 kg dan rentangnya 47,36-64 kg. Untuk mempunyai berat badan ideal, hal yang dapat kak Zulfa lakukan adalah dengan mulai mengurangi konsumsi kalori, olahraga yang teratur, minum air putih 8 gelas sehari, menjaga pola tidur, dan manajemen stres. Untuk diet sendiri, bisa dengan mengurangi 500 kalori dari kebutuhan kakak dalam sehari. Sehingga bisa menurunkan berat badan 0,5-1 kg/minggu. Hindari konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dan berlemak. Semoga bisa membantu.
10:53 20/08/2021