[Masalah Berat Badan]
Ridwan Handika
Halo dok, umur saya 33tahun dgn TB 172 cm dan BB 49 kg. Berat badan saya tidak pernah mencapai 55 kg, paling maksimal sempat di angka 52 kg tapi biasanya dgn cepat bisa turun lg k 49 kg. Padahal waktu SD saya tergolong gemuk, setalah masuk SMU menjadi kurus. Bagaimana yah agar saya bisa menaikan berat badan saya agar tidak terlalu kurus?
15:07 25/06/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Ridwan
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Berdasarkan data yang diberikan, status gizi Ridwan tergolong sangat kurus.
Untuk dapat menaikkan berat badan dari segi pemilihan makanan, Ridwan sebaiknya memilih makanan yang tinggi kalori dan protein, pada setiap waktu makan maupun saat camilan.
Pada menu makan utama, pastikan agar Ridwan mengonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, roti atau mie dan dilengkapi dengan lauk tinggi protein, misalnya daging merah, daging ayam, ikan, telur, tempe, atau tahu. Jika perlu, Ridwan bisa menambah waktu makan utama agar asupan makanan lebih meningkat.
Ketika memilih camilan, pilih pula yang padat kalori dan protein, misalnya, bubur kacang hijau dengan susu, roti gandum isi telur, biskuit dengan toping parutan keju, atau minuman jus buah dengan yoghurt/susu rendah lemak.
Penjelasan lebih lanjut terkait peningkatan berat badan dapat dilihat pada tautan di bawah ini:
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
14:07 18/07/2018