[Masalah Berat Badan]
Iin Novianti
Haloo dokk.. Berat badan saya 83kg dan tinggi 167cm, saya perempuan umur 22tahun. Untuk menurunkan berat badan saya, pola makan yang bagus untuk menurunkan berat badan saya seperti apa yaa?? Terimakasihh
14:03 20/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Halo selamat pagi Kak Iin. terimakasih sudah berkonsultasi menggunakan platform ini. Jika saya bantu analisa, kebutuhan kalori Anda berada pada 1600- 2400 kkal/hari. 1600 merupakan nilai BMR atau jumlah kalori minimum yg perlu diasup dalam keadaan istirahat sedangakan 2400 adalah jumlah kalori maksimum untuk mempertahankan berat badan dengan aktivitas ringan.
pada prinsipnya pengurangan asupan kalori 500-1000kkal dari kebutuhan total perhari dapat membantu menurunkan berat badan 0.5-1 kg/minggu. usahakan untuk tidak mengasup kalori di bawah nilai BMR agar fungsi metabolisme tubuh termasuk pencernaan tetap dapat berjalan secara optimal. Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang dapat didownload untuk membantu tracking asupan kalori Anda per harinya.
Anda dapat mengonsumsi makanan apapun, yang terpenting adalah sadar kalori. oleh karena itu, porsi atau jenis makanan menjadi penting.
Makanan sumber serat selain memiliki nilai kalori yang lebih rendah, juga dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Tidak lupa juga untuk usahakan tetap mengonsumsi sumber protein untuk membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. yang perlu pula diperhatikan adalah proses pemasakan dari makanan yang hendak dikonsumsi. sebagai contoh, bagi orang yang menjalankan program penurunan berat badan, pada berat makanan yang sama, ayam panggang akan menjadi lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan ayam krispy di restoran fast food.
hasil akhir akan sangat bergantung pada komitmen Anda. cobalah untuk tidak fokus pada penurunan berat badan secara dramatis dan cepat, namun nikmati dan hargai tiap prosesnya. semoga membantu :)
08:56 21/10/2020
Iin Novianti
Baik dok.. Terimakasihh atas konsultasinya
10:18 21/10/2020