[Masalah Berat Badan]
Ummu Fathiyyah
Saya ibu rumah tangga usia 40 thn BB 74kg TB 155 , target 55 kg karena obes beberapa bulan ni nyeri pada tumit dan persendian. Mohon bimbingannya dok utk menu makanan sehari-hari agar dapat BB turun. Terima Kasih atas jawabannya
22:28 20/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Fathiyyah, terimakasih sudah bertanya di Dietducate 😊. Saya apresiasi usaha kak Fathi untuk berusaha mencari informasi agar mendapatkan BB normal. Penurunan BB sebaiknya dilakukan bertahap, tidak bisa instan. Penurunan BB instan akan memperparah kondisi lutut dan persendian, 1 bulan bisa di target turun 1-2 kg saja. Perbaiki kondisi lutut dan persendian dahulu dengan makanan cukup kolagen, vitamin C, kalsium, dan vitamin D. Basal metabolisme 1500 kal, dengan aktivitas kebanyakan duduk sekitar 2000 kal. Dilakukan defisit kalori 300-500kal sehingga asupan sehari 1500-1700 kal. Contoh menu 1700 kal dgn kolagen, vitamin C, kalsium, dan vitamin D Disclaimer : menu ini tidak diperuntukkan untuk klien dengan nilai lab yg bermasalah (asam urat, kolesterol tinggi dan alergi susu, serta ketidaksembangan hormon) pastikan terlebih dahulu kondisinya baik ya. catatan :magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr, centong magic com yg cekung sekitar 70 gr makan pagi 07.00 : oats 4sdm (35 gr), susu skim high calsium low fat takaran 2 sdm, telur rebus 1 buah, buah mangga 1 potong -> 400 kalori 08.00 Jalan-jalan santai terpapar sinar matahari 45 menit, recovery dengan Selingan pagi 09.00 : susu skim 1 gelas Bersih-bersih rumah Makan siang 12.00 : nasi merah 2 centong magic com ceper 100 gr, sop ayam isian dada ayam 1 potong+ceker ayam 1-2 buah, brokoli, wortel, tahu 1 buah porsi 1 mangkuk, jus jambu 1 buah madu 1-2sdm -> 500 kal Selingan 15.00: edamame rebus 1-2 genggaman (30gr) atau alpukat 1/2 buah kecil (sumber vit E) = 50 - 100 kal Makan malam 18.00 : nasi merah 1,5 centong magic com ceper 50-70 gr, pepes ikan kakap+tomat+tahu 1 buah, 1 mangkok sayur bening bayam (wortel+oyong), buah pepaya 1 potong -> 400 kal Bila malam lapar (boleh iya boleh tidak) : alpukat 1/2 buah 50 kal. Lakukan istirahat 7-8 jam agar program penurunan BB dapat berhasil. Mohon untuk konsultasikan kembali 2 mingggu kemudian ya di kolom chat ini, bagaimana program penurunan BB dan kendalanya. Semoga membantu 😊
17:42 21/10/2020