[Masalah Berat Badan]
Sagitha Kori Pramaisella
Selamat sing dokk. Saya wanita umur 24 tahun,BB saya 58-59 (awalnya) tinggi Badan 147. Saya sudah melakkan diet dokk,diet telur rebus dan nasi merah,1 bulan itu BB saya turun jadi 55kg sekarang,tapi karn bosen dengan telur saya gnti dengan dada ayam tnpa kuliat dimasak hanya di panggng menggunakan garam rendah zodium,tapi malah tidak turun2 lagi dok BBnya,apa saya salah menggnti menu diet,padahal sudah saya tambh dengan sayur bayam rebus,selada dan buah. Lalu sekarang apa yg harus saya lakukn dokk,dan jenis diet apa yg harus saya lakukan apa saya harus diet karbo?? Saya juga ada asam lambung. Mohon dibalas dokk. Terimakasih๐Ÿ™
12:07 21/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Sagitha, terimakasih sudah bertanya di Dietducate ๐Ÿ˜Š Tidak disarankan untuk makan di bawah 1400 kal ya. bila badan sudah terbiasa berhemat metabolisme akan lambat, saat sudah bosan dgn makanan tsb dan makan diatas kalori menyebabkan BB akan naik dgn cepat. Solusinya kombinasi pengaturan makan dan program olahraga. Pengaturan makan tetap dengan displin 3x menu utama 06.00, 12.00, 18.00 dgn komposisi karbo 1 porsi 75-100 gr, lauk hewani 1 porsi, lauk nabati 1 porsi, sayur berwarna warni 1 mangkok/3 sendok sayur dan buah 1 porsi, kemudian di sela-sela makan utama konsumsi selingan 2-3x 09.00, 15.00 agar asam lambung tidak naik. Olahraga bisa yang aerobik/cardio seperti jogging, zumba, senam, indensitas sedang saja, diawali dengan pemanasan dan diakhiri pendinginan untuk mencegah cidera. Frekuensi 3x seminggu 2 minggu pertama, 3-5x seminggu untuk selanjutnya, durasi 30-45 menit. Kebutuhan kalori hariannya hampir mirip dengan klien saya yang ini, penjelasan lengkapnya bisa dibaca ya https://ahligizi.id/pertanyaan/detailpertanyaan/1924/1 Konsultasikan kembali setelah 2 minggu ya, apakah ada perkembangan dalam penurunan BB dan apa kendalanya. semoga membantu ๐Ÿ˜Š
17:21 21/10/2020
Sagitha Kori Pramaisella
Baik dok saya ,terimakasih,saya sudah baca penjelasan lengkapnya. Saya mau tanya lagi dok,waktu yg baik untuk citting day untuk saya yg baru pemula program diet itu berapa minggu sekali atau berapa bulan sekali ya dok???
14:05 22/10/2020
boleh kak, seminggu sekali, atau 2-3x seminggu, tetap pada range kalori yang dianjurkan, misal pengen minum milk boba, 350 kal gula sudah lebih dr serving yg dianjurkan @4sdm, jadi makan siang kurangin nasinya dan tidak konsumsi gula lagi karena konsekuensi tadi. Biasanya kalau udah kebiasaan makan makanan yang sehat, akan nyaman dan tidak ingin cheat day dengan makan tidak berlebihan, karena udah ngrasain impactnya ke badan ๐Ÿ˜Š, semangat kak Saghita, kita evaluasi kembali 2 minggu lagi ya, agar programnya terpantau
19:43 25/10/2020