[Gizi Olahraga & Kebugaran]
agung maulana ibrahim
Assalamualaikum wr wb, izin bertanya kak, saya sering berolahraga dan saya sangat cepat kelelahan dlm aktivitas saya, apa dr kekurangan gizi Kak? Apa solusi yg baik kak?
13:36 21/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Agung terimakasih sudah bertanya di Dietducate 😊 ini tidak dijelaskan spesifik ya olahraganya apa. Bila cepat lelah, solusinya evaluasi kembali apakah asupan yg masuk sesuai dengan kebutuhan dan koreksi program latihan nya apakah termasuk intensitas berat/sedang. Baiknya bila bukan atlet, disarankan untuk olahraga dengan intensitas sedang saja, dengan mengukur heart ratenya (sekarang banyak alat/gelang elektronik untuk mengukur heart rate). Atau bisa diukur dengan nafas, bila tersengal-sengal, sampai kesulitan bicara artinya sudah termasuk intensitas tinggi. Intensitas tinggi berdasarkan penelitian juga akan menyebabkan stress oksidatif pada tubuh dan sistem imun turun bila tidak diimbangi dengan asupan yg cukup. Tips selanjutnya, olahraga berdekatan dengan waktu makan agar terjadi pemulihan glikogen otot sehingga dapat mencegah kelelahan. Contoh, olahraga pagi kemudian snack pagi (susu skim/susu whey protein) atau olahraga sore 30 menit kemudian makan malam. Kemudian perhatikan komposisi makanan dengan menerapkan menu seimbang dan bervariasi setiap makan utama yaitu terdiri dari karbo, lauk hewani, nabati, sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian, bisa ditambah makanan selingan 2-3x tergantung kebutuhan harian. Semoga membantu 😊
16:44 21/10/2020
agung maulana ibrahim
Afwan, iyaa olahraga nya lari kak, makasih kak atas masukannya 🙏🏻
13:55 21/10/2020
Baik sama-sama kak Agung😊
16:43 21/10/2020