[Masalah Berat Badan]
Vita Gibgian
Umur saya 31 thn, bb saya 70 kg, tb 150. Diet apa yg cocok untuk saya. Saya ingin di angka bb 55
21:46 21/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Halo selamat pagi. Terima kasih telah menggunakan platform ini untuk berkonsultasi.
Apabila saya bantu analisa kebutuhan kalori per hari Anda berada pada 1400-2100 kkal/hari. 1400 merupakan nilai BMR atau jumlah kalori minimal yang perlu dipenuhi dalam keadaan istirahat (tidak melakukan apa2) sedangkan 2100 merupakan jumlah kalori maksimal yang perlu dipenuhi untuk mempertahankan berat badan dengan tingkat aktivitas ringan.
Pada prinsipnya, mengurangi asupan kalori 500-1000 kkal/hari dari kebutuhan per hari dapat membantu menurunkan bb 0.5-1 kg/minggu. Usahakan untuk tidak mengonsumsi total kalori per hari di bawah nilai BMR agar fungsi metabolisme tetap dapat berjalan secara maksimal.
Cobalah untuk atur jadwal makan Anda dan disiplin dengan jadwal tersebut. Konsumsi makanan sumber serat seperti buah, sayur, atau agar2 selain memiliki kalori yang lebih rendah juga dapat membantu mengendalikan rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.
Alangkah lebih baik jika defisit kalori dapat diiringi dengan latihan/olahraga. jadilah seaktif mungkin untuk membantu membakar kalori. melakukan pekerjaan rumah, menggunakan tangga dibandingkan lift, atau jalan pagi/sore selama 45 menit dapat menjadi pilihan.
Biasakan membaca kandungan gizi setiap hendak membeli atau mengonsumsi produk, dan usahakan atur jam tidur Anda 7-8 jam.
Cobalah untuk tidak terfokus pada penurunan bb secara dramatis dalam waktu singkat, namun nikmati dan hargai setiap prosesnya. jangan lupa untuk tetap tracking asupan kalori Anda selama menjalani program.
Semangat! semoga membantu :)
10:17 22/10/2020
Vita Gibgian
Saya ingin minta tabel menu diet nya boleh kah dok
22:07 22/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
untuk menu diet, mungkin akan menjadi berbeda tiap org. Alangkah lebih baik untuk tetap mengonsumsi makanan yang disukai/biasa dikonsumsi dibanding memaksakan untuk merubah jenis makanan yang dikonsumsi. saat ini juga telah banyak beredar menu diet baik di youtube/website yang rendah kalorim
Mungkin saya bisa menyarankan untuk lebih concern ke cara pengolahan makanan. contohnya, jika Anda biasa mengonsumsi ayam goreng, mungkin Anda dapat mencoba untuk beralih ke pepes ayam/sup ayam yang menggunakan minyak lebih sedikit. atau biasa mengonsumsi tumis kangkung, alternatifnya bisa plecing kangkung. contoh lain seperti biasanya mengonsumsi gado2 dengan disiram kuahnya, alternatif bisa dengan dicocol sehingga konsumsi bumbu kacang tetap terkontrol.
semoga membantu :)
10:14 23/10/2020