[Masalah Berat Badan]
Woro Intan Lestari
Saya pegawai usia 36 thn BB 95kg TB 160 , target 60 kg karena berat badan obes beberapa bulan ini nyeri pada tumit dan jerawat semakin banyak bermunculan. Mohon saran nya dok utk menu makanan sehari-hari agar dapat BB turun. Terimakasih dok..
00:33 22/10/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
Selamat pagi mbak Woro. Terimakasih atas pertanyaannya. Pada prinsipnya jika ingin menurunkan berat badan adalah defisit kalori dimana kalori yang kita konsumsi lebih kecil daripada kebutuhan, tentu dengan tetap memenuhi kebutuhan dasar tubuh. Kami menyarankan untuk mulai mengatur pola makan seimbang dengan porsi yang diatur. Tepat Jam (3x makan, tidak melewatkan waktu makan), tepat Jumlah (porsi yg sesuai, tdk berlebih), tepat Jenis (utamakan buah dan sayur). Untuk pengolahan lauk kami menyarankan untuk pengolahan rendah minyak, bisa dikukus, dipanggang, ditumis. Karbohidrat dapat beralih ke karbo kompleks spt beras merah, ubi, singkong, dikonsumsi dengan porsi yang diatur. Pengaturan pola makan ini baiknya juga diimbangi dengan olahraga yg cukup (3-5x/minggu). Juga konsumsi air mineral 1,5-2L/hari. Semoga menjawab dan membantu 😊
08:52 22/10/2020
Woro Intan Lestari
Terimakasih atas jawabannya. Maaf sblmnya, apakah bisa diberikan menu satu hari, krn jujur saya agak sedikit kesulitan utk mengira2 menghitung kalori setiap makanan. Misalkan kalau saya mengikuti dengan diet yg dilakukan Tya Ariestya apakah cocok di saya? Saya sangat mengharap balasan dr pertanyaan saya. Terimakasih banyak 🙏🙏
07:28 23/10/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
https://ahligizi.id/blog/2020/04/24/menurunkan-berat-badan-secara-alami/ https://ahligizi.id/blog/2020/07/22/buku-foto-makanan-pdf/ Sementara berikut saya lampirkan link untuk artikel untuk dapat menunjang program penurunan BB ya mbak 😊
19:02 23/10/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
Untuk contoh menu akan saya sampaikan menyusul 🙏
19:04 23/10/2020
Woro Intan Lestari
Terimakasih untuk informasinya.. Tetap saya menunggu utk contoh menu nya ya.. terimakasih banyak 🙏
15:50 27/10/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
Terimakasih karena telah bersedia menunggu mbak woro. Berdasarkan hasil perhitungan IMT, didapatkan hasil sebesar 37,1 dimana termasuk dalam kategori obesitas tingkat berat. Sebagai tambahan informasi untuk batas nilai normal IMT adalah 18,5-25. Selanjutnya berdasarkan hasil perrhitungan kebutuhan energi, dalam 1hari mbak woro membutuhkan ± 1800 kkal. Berikut saya lampirkan contoh menu 1800 kkal : 07.00 Bubur ayam telur Nasi putih 50 gr daging ayam 50 gr telur ayam rebus 1 btr Buah potong Melon 150 gr 10.00 Jus jeruk Jeruk manis Gula 1 sdm 12.00 Nasi Putih 100 gr Tahu Bakso Sayur Tahu kukus 100 gr Bakso sapi 3 buah Sayur hijau 50 gr Buah Pisang Ambon/Sunpride 1 buah 15.00 Bola-Bola daging Tepung beras 20 gr Kuning telur 10 gr Daging cincang 30 gr Wortel parut 20 gr Keju parut 10 gr Minyak 5 gr Buah potong Mangga 1 buah 18.00 Orak-arik makaroni Makaroni 60 gr Ayam Fillet 50 gr Wortel 10 gr Kacang polong 50 gr Keju parut 10 gr Telur 30 gr Margarin 5 gr Puding Nanas Nanas Parut 50 gr Agar-agar 25 gr Gula pasir 10 gr Jika dalam sehari tidak memungkinkan untuk berganti-ganti menu tidak masalah, disesuaikan saja. Namun tetap diusahakan bervariasi setiap harinya. Untuk bahan penukar makanan dapat dicek juga di buku foto makanan yang sudah saya share. Untuk menunjang program kami harapkan Mbak untuk bisa menjaga waktu makan yang konsisten teratur, istirahat cukup, mengkonsumsi air putih 1,5-2L/hari, dan meluangkan waktu 2-3x/minggu untuk melakukan olahraga yang disenangi (45 menit). Jika ke depan ada hal yang ingin didiskusikan atau ada hambatan yag dirasakan, dengan senang hati apa yang bisa saya bantu akan saya bantu. Semangat menjadi lebih baik Mbak Woro :D
06:16 28/10/2020
Woro Intan Lestari
Terimakasih banyak atas jawabannya, dan ini amat sangat membantu saya. Saya sudah menjalankan kurang lebih 5 hari dengan rincian sbb, mohon dikoreksi jika ada salah dan apa yang harus saya perbaiki. 05.00 Minum 2sdm air lemon dicampur 1 gelas air hangat 08.00 1 lembar roti gandum 1 butir telor ceplok no minyak Saus sambal 10.00 Pepaya 130gr (3 potong sedang) 12.00 Nasi merah 4 sdm Ikan bakar / dada ayam bakar no minyak 100gr Sambal bawang tomat 15.30 Pepaya 130gr (3 potong sedang) 18.00 Nasi merah 4 sdm Ikan bakar / dada ayam bakar no minyak 100gr Sambal bawang tomat 21.00 1 butir pear xiangli yg kecil Olahraga : jalan kaki santai 45 menit-1 jam setiap hari Minum air putih > 2liter Mohon masukan dan pencerahannya.. terimakasih
12:14 29/11/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
Alhamdulillahhh, mantabbb mba woro 👍 Pembagian waktu makan sudah baik mohon dipertahankan 😊 Tambahan dari saya mungkin di tiap waktu makan bisa ditambahkan sayurnya ya mbak, jd diusahakan ada sayurnya supaya asupan serat ttp terpenuhi. Selama hampir 1 minggu ini apa yg mba rasakan dan apakah ada kesulitan dalam penerapan pola makan ataupun olahraga yg sudah dijalankan?
16:13 20/11/2020
Woro Intan Lestari
Iyaa untuk sayur memang saya belum terapkan, karena saya juga gak begitu terlalu suka sayur yg hijau2 kayak sawi gitu, apa bisa kl sayur itu digantikan dengan yg lain? Selama hampir 1 minggu ini yg saya rasakan gak sama sekali gampang laperan, dulu2 nyobain diet pasti kerasa banget lapernya smpai perut kadang perih, tp penerapan jam makan tepat waktu dan timbangan makanan setiap yg dimakan malah tidak berasa mudah lapar, jd kayak wah sbntr lagi udh waktunya makan nih jd tidak berasa. Malah kadang malam itu saya tidak ngemil lagi krn merasa udh cukup perutnya. Kl untuk olahraga jalannya sangat fun, krn saya jalan sambil santai saja, tp sempat berfikir apa dengan jalan kaki santai 1 jam sehari cukup ya untuk olahraganya?
16:23 20/11/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
Boleh mba woro, jenis sayur lain masih banyak sekali selain yg berwarna hijau. Silahkan pilih sayur yg disukai, tentu ttp diupayakan untuk variasinya (misal memungkinkan berganti setiap hari). Luar biasa mba dipertahankan ya, yg seringkali agak kurang konsisten memang di waktu makan, tp disitulah tantangannya dan saya yakin mba akan bisa mengusahakannya 😊 Untuk olahraga tentu nanti akan bertahap kita naikkan variasi latihannya, tidak hanya jalan santai. Jalan ini saya sarankan di lakukan di awal krn paling mudah dan mengingat kondisi tubuh, usia mba kemudian pertimbangan krn ada nyeri di sendi mungkin krn sebelumnya memang jarang olahraga, jd sementara paling tidak sampai 1 bulan ke depan konsisten dengan jalan dulu tdk apa mba. Nanti ke depan setelah tubuh terbiasa untuk olahraga, pelan2 bisa mencoba latihan lain untuk melatih sekaligus pembentukan massa otot. Semoga membantu ya mba 😊 Tetap semangat dan sehat selalu.
16:35 20/11/2020
Woro Intan Lestari
Untuk olahraga pembentukan massa otot contohnya seperti apa ya? Dan saya juga ada kecenderungan ke darah tinggi, apakah bahaya kl saya rutin konsumsi telur utuh tiap pagi?
16:47 20/11/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
Angkat beban kak, semacam push up, sit up, plank, squat, dsb. Mungkin bisa dimulai pelan2 tdk perlu banyak2 jika ingin, misal 8-10x, disesuaikan dgn kemampuan. Oh iya, untuk protein dikombinasi dengan protein nabati ya kak, jd tdk harus selalu ayam atau telur, dikombinasi dgn tempe tahu atau kacang2an, supaya juga tdk menimbulkan reaksi alergi jika terlalu banyak hewani. Pagi sarapan bisa roti, oat, potongan buah, atau nasi dgn sayur lauk lengkap juga tdk masalah asal sesuai dgn porsinya.
16:55 20/11/2020
Woro Intan Lestari
Waahh sangat membantuu sekali jawabannya, baik saya teruskan dulu 1 bulan sambil cari2 menu diet lainnya. Terimakasih banyak sudah mau menjawab pertanyaan saya. Jangan bosan untuk menjawab pertanyaan2 saya selanjutnya 😬😬🙏🙏
16:59 20/11/2020
Hayu Iyaka Nastaina, S.Gz ahligizi
Siap kak. Tetap semangatt, jangan lupa istirahat cukup dan jaga kesehatan selalu 😊
08:10 23/11/2020