[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
bagaimana cara diet yg tepat
12:23 22/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Cara diet yang tepat
1. makan yang disiplin 3x makan utama 2-3x selingan, jangan biarkan lambung kososng > dari 3 jam
2. tepat jumlah/porsinya sesuai dengan penurunan berat badan (ini membutuhkan data BB, TB, umur, aktivitas dalam sehari),
3. seimbang yaitu tiap makan utama ada karbo utamakan karbo yang mudah dicerna, seperti nasi tim, nasi putih, bubur, bubur sumsum bila kondisi maag akut, lauk hewani, nabati, sayur dan buah selingan atau snack bisa dipilih edamame rebus, buah-buahan
4. Hindari saat maag akut
Sayur yang dihindari : yang bergas dan berserat tinggi : daun singkong, daun pepaya, brokoli, daun kol, kembang kol, nangka,
Buah-buahan : buah yang asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, kedondong.
Hindari makanan pedas dan kopi
5. minim pengolahan dengan minyak goreng, gula, garam cotohnya cake, biskuit gorengan, mie instan, ayam goreng/kentang goreng/burger dengan saos melimpah, dll.
Apakah ada pertanyaan sampai disini? Semoga membantu ya 😊
23:21 03/11/2020