[Masalah Berat Badan]
Emfitdiyana Diyana
Dok gimana caranya hidup sehat yang benar
20:54 23/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Diana terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Cara hidup sehat
1. Makan disiplin 3x makan utama 06.00, 12.00 dan 18.00 dan 2-3x selingan jam 09.00, 13.00 dan 20.00
2. tepat jumlah/porsinya sesuai dengan program penurunan berat badan (ini membutuhkan data BB, TB, umur, aktivitas dalam sehari),
3. seimbang yaitu setiap makan utama terdiri dari karbo nasi putih, bisa juga beras merah, singkong, jagung, ubi, lauk hewani, lauk nabati, sayur 1 mangkok/1 porsi dan buah 1 potong,
4. beraneka ragam,
5. minim pengolahan dengan minyak goreng, gula, garam : gorengan, jajan kiloan, kerupuk, cake,
6. Olahraga teratur 4-5x seminggu yang disukai, berdasarkan penelitian, olahraga yang baik adalah olahraga yang melatih kekuatan otot
7. Tidak merokok
8. Minum air putih 8 gelas sehari
9. Istirahat cukup 7-8 jam sehari
10. Hindari stress
11. Jaga kebersihan
12. Cek kondisi kesehatan secara teratur
Semoga membantu
10:52 04/11/2020