[Masalah Berat Badan]
Inta Nyantut
Dok,
Saya mempunyai masalah berat badan. Jujur saya Ingin sekali punya tubuh yg ideal, badan saya terlalu kurus BB hanya berkisar antara 40-43kg dan nggak bisa lebih dari itu. Saya berusaha menaikkan berat badan dengan makan yg banyak tapi tubuhnya saya setiap Kali makan banyak/kekenyangan badan saya sakit (ngilu) terus saya coba minum obat penggemuk tapi nggak bisa juga. Dulu, gara2 saya maksa pengen gemuk asal makan saja Dan saya malah kena kolesterol meskipun berbadan kurus. Ada solusi nggak dok?
05:32 04/07/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Inta
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Untuk dapat menaikkan berat badan, Inta perlu memerhatikan frekuensi makan dan jenis pemilihan makanan yang tepat.
Usahakan agar makan lebih sering, baik makan utama maupun camilan. Apabila Inta merasa kekenyangan hingga badan merasa tidak nyaman saat langsung makan dalam jumlah banyak, maka atur porsi makan menjadi kecil namun lebih sering. Hal ini akan efektif membuat asupan makan lebih banyak dan optimal.
Pilih jenis makanan yang tinggi kalori dan protein. Pada menu makan utama, pastikan agar Inta mengonsumsi sumber karbohidrat seperti nasi, roti atau mie dan dilengkapi dengan lauk tinggi protein, misalnya daging merah, daging ayam, ikan, telur, tempe, atau tahu.
Ketika memilih camilan, pilih pula yang padat kalori dan protein, misalnya, bubur kacang hijau dengan susu, roti gandum isi telur, biskuit dengan toping parutan keju, atau minuman jus buah dengan yoghurt/susu rendah lemak.
Agar kolesterol tidak meningkat, olah bahan makanan di atas dengan metode masak yang rendah lemak, misalnya kukus, panggang, bakar atau asap, dan hindari memilih metode masak digoreng atau disantan.
Penjelasan lebih lanjut terkait peningkatan berat badan dapat dilihat pada tautan di bawah ini:
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
14:21 18/07/2018