[Masalah Berat Badan]
Eva Yuliyati
Bagaimana mengatur pola makan ya benar yaa dok
20:29 25/10/2020
Halo Kak Eva, Trmksih Sudah Konsultasi di Dietducate:
Makan dengan Gizi Seimbang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, serta vitamin dan mineral yang cukup.
_Karbohidrat dapat diperoleh dari makanan seperti nasi, kentang, roti, pasta, dll. Pilihlah karbohidrat yang sehat seperti nasi merah, nasi coklat, oatmeal, atau roti gandum.
_Protein dapat diperoleh dari daging sapi, kambing, ayam, kalkun, tahu, tempe, telur, dll.
_Lemak yang sehat dapat diperoleh dari minyak zaitun, minyak kelapa murni, minyak ikan, dll. Orang dewasa hanya membutuhkan sedikit lemak dalam makanan mereka sehari-hari.
_Vitamin dan mineral bisa didapat dari makanan-makanan yang disebutkan di atas, dilengkapi juga dengan vitamin dan mineral dari sayur dan buah-buahan serta susu.
_Makan dalam pola yang teratur, artinya makan 3x sehari dan tidak meloncati waktu makan.
Membatasi konsumsi gula sederhana (gula pasir, kue atau biskuit, minuman bersoda, jus, sirup, dll).
Membatasi konsumsi garam maksimal 1 sendok teh per hari, dan pilihlah garam dengan iodium.
Hindari makanan yang diproses seperti sosis, bakso, daging asap, daging kalengan, dll karena banyak mengandung garam dan lemak yang tidak sehat.
Meningkatkan konsumsi sayur dan buah hingga setidaknya 5 porsi sehari. Selalu masukkan menu sayuran dalam makanan anda, dan makan buah atau sayur sebagai pengganti snack atau cemilan.
Minum air dalam jumlah yang cukup setidaknya 2 liter sehari.
_Selain melakukan pola makan dengan Gizi seimbang yang benar & sehat, menjaga pola hidup sehat juga penting untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga pola hidup sehat:
_Berolahraga secara teratur, terutama olahraga aerobik
Tidur dan istirahat cukup
_Menghindari stress
Berhenti merokok, minum alkohol, dan menghindari obat-obatan terlarang
_Meningkatkan aktivitas fisik secara keseluruhan (misalnya dengan bersepeda ke kantor, naik turun tangga dibanding menggunakan eskalator, dll)
Trmksih/Semoga Membantu 🙏😇
05:09 26/10/2020