[Bayi & Balita]
anonim
Dok, anak saya perempuan bb lahir 2,7 n sekarang umurny 3 bulan 3 minggu bb ny cman 4,9, padahal intensitas pemberian ASI sktar 12 kali/hari . Apakah kualitas ASI saya buruk? Bagaimana cara nya agar bb anak saya bisa ideal?
15:14 06/07/2018
Titik Khoiriyah, S.ST ahligizi
Selamat Pagi Moms ...
Terima kasih telah bertanya pada ahligiziID
Baik Moms..
Setelah saya hitung, status gizi putri moms masih masuk dalam kategori status gizi normal, jadi untuk sekarang, moms tidak perlu khawatir dengan masalah berat badan putri moms.
Terkait dengan KUALITAS ASI yang BURUK itu tidak benar moms. Setelah melahirkan, tubuh seorang ibu dirancang untuk memproduksi makanan terbaik bagi bayinya yaitu ASI. Tubuh dirancang untuk mengalihkan semua zat gizi cadangan yang ada agar membuat ASI tetap berkualitas. Jadi bisa dibilang seorang ibu tidak mungkin mengasilkan ASI dengan kualitas buruk, kecuali jika seorang ibu tersebut memang mengalami kekurangan gizi termasuk gizi buruk.
Kualitas ASI seorang ibu sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi ibu. Untuk menjaga kualitas ASI, moms harus mengikuti pola makan dengan prinsip gizi seimbang dan konsumsi beragam makanan, terutama sayuran yang berwarna hijau tua yang baik untuk melancarkan ASI misalnya daun katuk. Selain daun katuk, kacang-kacangan, buncis, jagung, dan pare juga termasuk bahan makanan yang dapat membantu memperlancar ASI. Kurangi makanan yang mengandung gas, seperti brokoli atau kol karena dapat membuat perut bayi kembung. Makanan lain yang harus dihindari adalah yang beraroma terlalu kuat, misalnya makanan pedas. "Seimbang" juga berarti vitamin,mineral, sayur,dan buah harus baik dan bervariasi.
Terkait untuk bagaimana cara mencapai berat badan ideal putri moms yaitu dengan tetap rutin memberikan ASI. Pemberian ASI harus on demand atau semaunya bayi, tidak harus setiap 2 jam sekali. Selain itu moms juga harus menjaga kualitas ASI moms agar tetap baik. Caranya yaitu harus mengikuti pola makan dengan prinsip gizi seimbang dan konsumsi beragam makanan.
Nah untuk penyebab berat badan bayi tidak kunjung naik itu banyak moms, tidak mutlak karena kualitas ASI yang kurang baik, penyakit infeksi dan masalah saluran cerna (diare) juga dapat turut andil.
Semoga bermanfaat ya Moms..
Sumber : Buku Menu Sehat untuk Ibu Menyusui oleh Budi Sutomo, S.Pd dan Buku Keajaiban Asi oleh Nurheti Yuliarti
02:02 27/10/2018