[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Menu makan apa dan olahraga apa yang kira kira cocok untuk remaja
21:12 26/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo terimakasih sudahbertanya di Dietducate 😊
Untuk mengatur pola makan:
1. disiplin 3x makan utama 06.00, 12.00 dan 18.00 dan 2-3x selingan jam 09.00, 13.00 dan 20.00
2. Sesuai kebutuhan, tepat jumlah/porsinya sesuai (ini membutuhkan data BB, TB, umur, aktivitas dalam sehari),
3. seimbang yaitu setiap makan utama terdiri dari karbo nasi putih, bisa juga beras merah, singkong, jagung ubi , oats, roti tawar gandum karena serat lebih tinggi dibanding nasi putih, lauk hewani, lauk nabati, sayur 1 mangkok/1 porsi dan buah 1 potong,
4. beraneka ragam,
5. minim pengolahan dengan minyak goreng, gula, garam. contoh gorengan, jajan kiloan, mie instan, dan biskuit2 kemasan, cake dikonsumsi terlalu banyak.
Berikut contoh menu :
Pagi : Nasi, scrambel egg, tempe bacem, pecel 1 porsi, buah pisang
Selingan pagi : sari kacang hijau
Makan siang: Nasi, sop tahu, ikan bumbu balado, buah pepaya
Snack sore : susu skim
Makan malam : Nasi, pepes ikan kakap, loaf tahu ayam goreng, sayur bayam+oyong+wortel dan buah mangga.
Snack malam : buah alpukat 1/2 - 1 buah kecil
Olahraga yang cocok untuk remaja adalah yang disukai, dan bisa konsisten 4-5xseminggu, tidak terlalu berat disesuaikan dengan kondisi. Misalnya: obesitas tidak dianjurkan olahraga skipping, dll.
Semoga membantu 😊
09:14 04/11/2020