[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
Halo kak.. Sedari MAN saya sering puasa Daud dan itu membuat berat badan saya ideal. Namun dalam 1,5 th kuliah daring, saya mengalami maag atau gastritis sehingga sering mual dan tidak nyaman, akibatnya saya sering makan berlebih biar tidak perih lambung, wal hasil tubuh mengalami pre obesitas 153:60 Kira kira apa yang harus saya lakukan untuk diet aman? Bisakah melanjutkan rutinn puasa saya?
11:53 27/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Sembuhkan dulu maagnya ya kak, konsultasikan ke dokter untuk mengobati maag bila tidak kunjung sembuh. Cara diet yang tepat untuk maag :
1. makan yang disiplin 3x makan utama 2-3x selingan, jangan biarkan lambung kososng > dari 3 jam
2. tepat jumlah/porsinya sesuai dengan penurunan berat badan
3. seimbang yaitu tiap makan utama ada karbo utamakan karbo yang mudah dicerna, seperti nasi, ubi, kentang, lauk hewani, nabati, sayur dan buah selingan atau snack bisa dipilih edamame rebus, buah-buahan
4. Hindari saat maag akut
Sayur yang dihindari : yang bergas dan berserat tinggi : daun singkong, daun pepaya, brokoli, daun kol, kembang kol, nangka,
Buah-buahan : buah yang asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, kedondong.
Hindari makanan pedas dan kopi
5. minim pengolahan dengan minyak goreng, gula, garam contohnya cake, biskuit, gorengan, mie instan, ayam goreng/kentang goreng/burger dengan saos melimpah, dll
.
Berikut contoh menu :
Pagi : Nasi, scrambel egg, tempe bacem, pecel 1 porsi, buah pisang
Selingan pagi : sari kacang hijau
Makan siang: Nasi, sop tahu, tumis ikan, buah pepaya
Snack sore : susu skim
Makan malam : Nasi, pepes ikan kakap, loaf tahu kukus+ayam, sayur bayam+oyong+wortel dan buah mangga.
Snack malam : buah alpukat 1/2 - 1 buah kecil
Bila keluhan maag sudah membaik, bisa dilanjutkan berpuasa dan mengikuti aturan pola makan sesudah berbuka agar tidak kambuh.
Apakah ada pertanyaan sampai disini? Semoga membantu ya😊
09:52 04/11/2020