[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
Halo kak.. Sedari MAN saya sering puasa Daud dan itu membuat berat badan saya ideal. Namun dalam sejak kuliah 1th lalu hingga daring sekarang, saya mengalami maag atau gastritis sehingga sering mual dan tidak nyaman, akibatnya saya sering makan berlebih biar tidak perih lambung, wal hasil tubuh mengalami pre obesitas 153:60 Kira kira apa yang harus saya lakukan untuk diet aman? Bisakah melanjutkan rutinn puasa saya?
11:55 27/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Anjuran untuk yang mempunyai masalah pencernaan gastritis, Mohon pastikan terlebih dahulu apakah mempunyai maag atau masalah pencernaan lainnya ke dokter ya untuk mendapatkan terapi obat-obatan, 1. Wajib makan teratur tidak skip makanan, 3x makan utama jam 06.00. 12.00 dan 18.00, 2-3x snack 09.00, 15.00. 2. hindari sementara waktu makanan yang memicu iritasi lambung, seperti : a.makanan pedas, b. makanan berlemak/minyak banyak seperti nasi uduk, nasi goreng, gorengan, nasi padang, mie goreng/rebus c. makanan yang asam, makanan berserat tinggi : daun pepaya, daun singkong, d.ultra processed food seperti sosis, nuget. e. kopi, kafein, minuman soda dan minuman coklat Contoh menu yang tidak mengiritasi lambung 1500 kal*kalori tiap orang mungkin berbeda disesuaikan BB, TB, usia serta aktivitas fisik Catatan : magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr centong magic com yg cekung sekitar 70 gr makan pagi 07.00 : Nasi 2 centong magic com ceper, ikan kuah kuning, tumis wortel putren, dan buah pisang -> 400 kalori Selingan pagi 09.00 : yogurt low fat cup kecil -> 100 kal Makan siang 12.00 : nasi putih 2 centong magic com ceper 100 gr, sop ayam isian ayam dada 1 buah, wortel, tahu 1 buah porsi 1 mangkuk, buah melon -> 400 kal Selingan 15.00: rolade tahu ayam kukus 2 potong 150 kal Makan malam 18.00 : nasi 1,5 centong magic com ceper 50-70 gr, pepes ikan kakap+tahu 1 buah, 1 mangkok sayur bayam (jagung+oyong), buah pepaya 1 potong -> 400 kal Snack malam : puding roti 100 kalori Silahkan bisa membaca artikel kami tentang gastritis di https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-gastritis-maag/ . Evaluasi kembali setelah 2 minggu apakah ada perbaikan kondisi maagnya, agar saya tahu apakah terapi ini tepat untuk Anda. Puasa boleh dilanjutkan setelah maag sudah sembuh dan menjalankan pengaturan makan untuk yang berpuasa, Semoga membantu :)
18:29 01/01/2021