[Lainnya......]
frasisca chika
dok saya mau nanya apakah tidak apa apa jika saya diet dengan hanya makan pagi pake nasi putih 5 sendok di jam 9 pagi terus makan siangnya jam 1 cuman makan pepaya semangkok terus sorenya jam 5 makan pepaya semangkok, apakah itu bahaya atau tidak dok ?
00:42 08/07/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Fransisca
Saya Fitri, ahli gizi yang tergabung di laman ahligiziID
Pola makan dalam diet yang Fransisca lakukan termasuk cukup ketat, ya. Total kalori yang masuk hanya 150-200 kkal, padahal kebutuhan kalori harian orang dewasa Indonesia rata-rata 2000-2300 kkal.
Dengan pola makan tersebut, zat gizi yang diperoleh tubuh hanya berupa karbohidrat, serat, serta vitamin dan mineral.
Hal ini menyebabkan kebutuhan karbohidrat kurang terpenuhi serta protein dan lemak tidak terpenuhi sama sekali.
Padahal ketigaya merupakan zat gizi makro, atau utama, yang memberikan energi dasar terbesar bagi tubuh. Sebagian besar zat gizi makro hanya bisa diperoleh dari luar tubuh, yaitu makanan. Sehingga, asupan zat gizi makro yang sangat rendah, atau tidak seimbang, akan membuat gangguan metabolisme gizi.
Dengan pola makan seperti yang disebutkan di atas tubuh akan berisiko mengalami:
1. Merasa lemas, letih, lesu, sulit berkonsentrasi
2. Dalam jangka pendek/menengah bisa menyebabkan anemia dan gangguan sistem tubuh yang lain, misalnya imunitas/kekebalan tubuh karena asupan gizi tidak terpenuhi.
3. Dalam jangka panjang tubuh akan kekurangan gizi. Selain itu massa tubuh yang hilang bukan hanya lemak tubuh namun juga otot tubuh.
Sehingga, diet di atas termasuk cukup berisiko. Berikut beberapa tautan menegnai diet penurunan berat badan yang tetap sehat dan bisa dijadikan referensi: https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/12/terbaru_terpopuler/Diet-Penurunan-Berat-Badan
Demikian
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sehat.
03:29 05/09/2018