[Diet Maag (Gastritis)]
Emi Suhaemi
Selamat malam dok bagaimana cara mengurangi rasa lapar dan jajan jika pikiran menahan nya untuk makan dan jajan... Kepala saya jd pusing dok cara yg seperti apa diet yg harus saya jalani dok
19:09 28/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Emi terimakasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Bisa jadi komposisi makanannya yang kurang seimbang dan telat makan. Biasanya dengan konsumsi menu yang terdiri dari karbo, lauk hewani, nabati, sayur 1 mangkok dan buah akan menyebabkan perut kenyang lebih lama.
Tips diet dengan masalah lambung:
1. makan yang disiplin 3x makan utama 2-3x selingan, jangan biarkan lambung kososng > dari 3 jam
2. tepat jumlah/porsinya sesuai dengan penurunan berat badan (ini membutuhkan data BB, TB, umur, aktivitas dalam sehari),
3. seimbang yaitu tiap makan utama ada karbo utamakan karbo yang mudah dicerna, seperti nasi putih, bubur, bubur sumsum bila kondisi maag akut, lauk hewani, nabati, sayur dan buah selingan atau snack bisa dipilih edamame rebus, buah-buahan
4. Hindari saat maag akut
Sayur yang dihindari : yang bergas dan berserat tinggi : daun singkong, daun pepaya, brokoli, daun kol, kembang kol, nangka,
Buah-buahan : buah yang asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, kedondong.
Hindari makanan pedas dan kopi
5. minim pengolahan dengan minyak goreng, gula, garam cotohnya cake, biskuit gorengan, mie instan, ayam goreng/kentang goreng/burger dengan saos melimpah, dll.
Berikut contoh menu :
Pagi : Nasi, scrambel egg, tempe bacem, pecel 1 porsi, buah pisang
Selingan pagi : sari kacang hijau
Makan siang: Nasi, sop tahu, ikan bumbu balado, buah pepaya
Snack sore : susu skim
Makan malam : Nasi, pepes ikan kakap, loaf tahu kukus+ayam, sayur bayam+oyong+wortel dan buah mangga
Snack malam : buah alpukat 1/2 - 1 buah kecil
Apakah ada pertanyaan sampai disini? Semoga membantu ya 😊
08:10 04/11/2020