[Masalah Berat Badan]
Dimas Reyhan Hidayat
Halo dok,umur saya 20 tahun,tinggi 159 cm,berat 42,saya ingin bertanya gimana caranya menaikkan berat badan dan membuat nafsu makan lebih besar?sekian,terima kasih
04:37 29/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Halo selamat siang Ka dimas.
terima kasih sudah menggunakan platform ini untuk berkonsultasi.
pada prinsipnya untuk meningkatkan berat badan perlu adanya peningkatan asupan kalori per harinya. meningkatkan asupan kalori per hari dapat dilakukan dengan menambah porsi makanan yang biasa dikonsumsi. Misalnya, Anda biasa sarapan dengan 1.5 ctg nasi, 1 btr telur, 1 ptg tahu goreng dan tumis kangkung. Anda dapat menambahkan lauk hewani/nabati saat sarapan menjadi 2 btr telur atau 2 ptg tahu. begitu pula pada waktu makan siang dan malam. Atau mungkin Anda juga bisa menambahkan keju pada makanan yang Anda konsumsi.
Usahakan pula untuk memilih makanan sumber protein rendah lemak saat jam makan selingan atau camilan seperti kacang2an, buah alpukat, susu coklat rendah lemak, protein bar/protein shake.
Alangkah lebih baik jika Anda juga dapat menyertainya dengan latihan/olahraga secara rutin dan konsisten seperti berenang, angkat beban, sit up, atau pun push up untuk membantu membangun massa otot dan melatih otot tubuh Anda.
Terkait meningkatkan nafsu makan, usahakan untuk selalu menyediakan makanan yang menjadi favorit Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering (camilan). Lakukan olahraga rutin, karena setelah berolahraga, tubuh memerlukan energi kembali sehingga Anda cenderung akan merasa lapar.
Semoga membantu :)
13:18 30/10/2020