[Anak Sekolah & Remaja]
Maria Elisabeth
Cara menurunkan berat badan
07:04 29/10/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Maria, terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Untuk anak sekolah dan remaja yang ingin meningkatkan berat badan, diharapkan untuk memperbanyak aktivitas, apalagi di masa pandemi ini, Kurangnya aktivitas menyebabkan berat badan naik. Sebaiknya diatasi dengan banyak melakukan pekerjaan rumah. Selanjutnya mengatur pola makan dengan cara
1. makan yang disiplin 3x makan utama 2-3x selingan,
2. tepat jumlah/porsinya sesuai dengan penurunan berat badan (ini membutuhkan data BB, TB, umur, aktivitas dalam sehari),
3. seimbang yaitu tiap makan utama ada karbo utamakan tinggi serat seperti beras merah, singkong, jagung ubi, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah, selingan atau snack bisa dipilih edamame rebus, susu skim, yogurt, buah-buahan
4. beraneka ragam,
5. minim pengolahan dengan minyak goreng, gula, garam cotohnya cake, biskuit gorengan, mie instan, ayam goreng/kentang goreng/burger dengan saos melimpah, dll.
Apakah ada pertanyaan sampai disini? Semoga membantu ya 😊
22:58 03/11/2020