[Masalah Berat Badan]
Kurniadi Adi
Saya kesulitan mengurangi berat badan, Berat badan saya 96kg dan tinggi saya 167cm. ketika sedang stress, mood sedang sedih, dan terlalu bahagia biasanya saya mengemil banyak makanan yang membuat saya menjadi gemuk. Kurang beraktifitas juga mempengaruhi berat badan saya, namun jika saya kecapekan Asthma saya kumat. Efek dari obat asma juga memberikan nafsu makan yang berlebih kepada saya. Mohon Infonya untuk memberikan recall kepada gizi saya agar saya mampu untuk melakukan diet.
12:42 29/10/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
halo selamat siang. terima kasih sudah berkonsultasi menggunakan platform ini. sebelumnya, apakah boleh diceritakan bagaimana kebiasaan makan Anda? dan apakah Anda pernah menjalani program penurunan berat badan sebelumnya?
13:07 30/10/2020
Kurniadi Adi
kebiasaan makan saya jika tidak ada kegiatan berat makan 3x sehari ditambah jika ada cemilan berupa kerupuk atau gula-gula saya makan juga ketika lagi santai. Tetapi ketika saya lagi sibuk di depan laptop atau berkegiatan yang sangat padat, saya mengonsumsi cemilan 2x lipat dari biasanya. Program penurunan berat badan sebelumnya sudah pernah coba namun turunnya cepet naiknya juga ikut cepet.
09:47 01/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Baik. Pada prinsipnya, untuk menurunkan berat badan perlu dilakuakn pengaturan pola makan ke arah yang lebih baik. Anda dapat memulai dengan mengatur jadwal makan Anda dan cobalah disiplin dengan jadwal yang telah Anda buat. Pengurangan asupan kalori 500-1000 kkal/hari dapat membantu menurunkan berat badan 0.5-1 kg/minggu. Usahakan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan sumber serat seperti sayur, buah, atau agar2 pada waktu makan utama atau pun selingan. makanan sumber serat selain memiliki kalori yang lebih rendah, juga dapat membantu mengendalikan rasa lapar dan membuat perasaan kenyang lebih lama. Selain itu, alangkah lebih baik jika Anda dapat memilih makanan yang diolah dengan sedikit atau tanpa minyak dan santan. Jika Anda hobi mengonsumsi camilan, cobalah untuk biasakan untuk selalu membaca label kandungan gizi pada tiap produk yang hendak Anda beli/konsumsi sehingga Anda dapat mengontrol seberapa banyak kalori yang telah Anda konsumsi. Selain itu, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan bersamaan dengan aktivitas lain seperti saat menonton tv/film sehingga Anda lebih fokus pada makanan Anda dan untuk mencegah kejadian overeating. Atau, Anda juga dapat mengakalinya dengan menunda mengonsumsi camilan sebelum melakukan hal lain. contohnya, sebelum Anda mengonsumsi camilan, Anda membaca buku sebanyaj 3 lembar atau mendengarkan 3 lagu terlebih dahulu. program defisit kalori akan lebih baik hasilnya jika dapat diiringi dengan olahraga secara rutin dan konsisten. Namun apabila Anda belum terbiasa dengan olahraga secara rutin, Anda dapat memulai dengan menjadi lebih aktif setiap harinya seperti melakukan pekerjaan rumah, memilih menggunakan tanhga dibanding lift, atau mungkin melakukan olahraga ringan selama 5-7 menit. Artikel berikut juga dapat membantu Anda dalam memahami program penurunan berat badan : https://ahligizi.id/blog/2020/04/24/menurunkan-berat-badan-secara-alami/ semoga membantu :)
10:16 01/11/2020
Kurniadi Adi
Okey kak, Oiya kak saya mau bertanya lagi nih. kan saya menggunakan kalkulator meal plans di apps ini namun ketika dikalkulasikan karbo dan protein yang saya konsumsi lebih dari 100% tetapi kalori belum mencapai 70%. Apakah berat badan saya tetap bisa turun dalam satu minggu kedepan?
11:48 01/11/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Selagi Anda tidak memiliki gangguan/kelainan berkaitan dengan gula darah, hal tersebut belum menjadi masalah. Namun alangkah lebih baik jika Anda tetap dapat memperhatikan asupan karbohidrat Anda agar tidak terlalu berlebihan. Konsumsi sumber karbohidrat yang lebih rendah diharapkan akan membantu membakar lemak sebagai sumber energi tubuh.
12:09 01/11/2020